Kompetensi Manajerial Bagi ASN

Kompetensi

Kompetensi Manajerial bagi ASN – kolonginfo.com. Kita tentu pernah dan sering mendengar istilah kompetensi karena hal tersebut berkaitan dengan kedudukan kita sebagai pegawai. Secara umum kompetensi dinyatakan sebagai seperangkat perilaku kinerja individu yang dapat diamati dan terkait dengan keberhasilan individu maupun kinerja organisasi. Kompetensi dapat dikelompokan menjadi kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural. Kompetensi tersebut penting bagi seorang pegawai baik seorang ASN, Non-ASN, /PNS, /Non-PNS,CPNS, swasta dll.

Pendahuluan

Kompetensi juga dinyatakan sebagai karakteristik individu untuk menghasilkan suatu pekerjaan. Kompetensi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat dibagi menjadi tiga yaitu teknis, manajerial, dan sosial kultural. Saat ini kita akan fokus tentang kompetensi manajerial.

Kompetensi manajerial adalah pengetahuan keterampilan dan sikap atau perilaku yang dapat diamati diukur di kembangan untuk memimpin dan atau mengelola unit organisasi artinya sebagai pegawai kita harus memiliki kompetensi teknis untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, namun kita juga harus membuktikan secara nyata kompetensi manajerial untuk mengelola unit organisasi. Kompetensi teknis digabungkan dengan kompetensi manajerial menjadi modal penting untuk keberhasilan pelaksanaan tugas.

Latar Belakang

Coba kita bayangkan dalam satu minggu kita tetap melaksanakan tugas sebaik-baiknya namun tanpa koordinasi dan tanpa melakukan komunikasi. Apa yang akan terjadi? tugas-tugas kemungkinan tetap dapat terselesaikan namun kualitasnya perlu dipertanyakan. Kualitas output akan terbuka lebar, jika tetap melakukan koordinasi dan komunikasi. 
Kompetensi manajerial memiliki peran penting misalnya dalam hal komunikasi menjadi lancar, koordinasi antar anggota, anggota merasa dihargai, keterikatan anggota dengan tim semakin kuat, dan seterusnya.

Baca Juga:  Kompetensi Sosial Kultural Bagi ASN

Pentingnya Kemampuan Kompetensi bagi Pegawai

Jadi kompetensi manajer yang merupakan kebutuhan bagi setiap pemimpin untuk mendorong peningkatan kinerja yang juga merupakan kebutuhan bagi setiap pegawai untuk mendorong peningkatan kinerja.

Bagian dari orientasi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi harus berdasarkan peraturan yang menjadi acuan peraturan bukan hanya berisi aturan. Selain itu juga dapat menjadi pedoman dalam kaitanya dengan kompetensi jabatan. Aturan dapat digunakan sebagai pedoman dalam proses pengembangan kompetensi itu sendiri.

Proses tersebut terlihat dengan terdapatnya indikator yang menjadi parameter perkembangan yang diperoleh dalam pelaksanaan setiap kompetensi yang dimaksud. Pegawai yang bersangkutan serta pihak terkait dapat mengukur pengembangan kompetensi kompetensi manajerial dan sosial kultural beserta ini diatur pada Permenpan RB nomor 38 tahun 2017 tentang standar kompetensi jabatan ASN.

Kompetensi jabatan sebagai pengetahuan keterampilan dan perilaku yang diperlukan seorang aparatur sipil negara dalam melaksanakan tugas jabatan. Secara khusus diatur tentang 8 kompetensi manajerial Kompetensi sosial kultural .

8 kompetensi manajerial tersebut adalah integritas, kerjasama, komunikasi, orientasi pada hasil, pelayanan publik, pengembangan diri dan orang lain, mengelola perubahan, serta pengambilan keputusan sedangkan satu Kompetensi sosial kultural yaitu perekat bangsa. Setiap tingkatan jabatan terdapat penguasaan kompetensi yang minimal harus dicapai tingkat penguasaan kecakapan kompetensi tersebut ditunjukkan melalui pencapaian tiap levelnya.

Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural

Apa saja kompetensi manajerial menurut Permenpan 38/2017. Berikut merupakan ke 8 kompetensi manajerial yang akan di urai satu persatu pada halaman berbeda.

8 Jenis Kompetensi Manajerial bagi ASN

Kompetensi Sosial Kultural

Untuk kompetensi sosial kultural telah admin ulas dalam artikel khusus atau dapat diakses di sini,

Baca Juga:  Langkah Kecil Agar Bebas Finansial Di Usia Muda!

Dalam tiap kompetensi akan memiliki indikator berbeda-beda dan mempunyai level yang berbeda. Tiap Kompetensi memiliki levei 1- level 5. Pada level 1, adalah level terendah dan pada tahap ini merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh serorang staf/pelaksana. Makin tinggi level maka kemampuan kompetensi juga makin tinggi, berkemampuan dengan level tinggi akan dimiliki oleh seorang pegawai yang memiliki jabatan tinggi, misalknya seorang pimpinan unit, pada level 5 dimiliki oleh direktur.

Unduh Peraturan Permenpan 38 2017 Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural

Unduh peraturan Permenpan 38 tahun 2017.

Silahkan unduh lampiran peraturan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparratur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No 38 Tahun 2017 yang berisi kamus kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural.

Semoga artikel dapat memberikan manfaat bagi teman-teman, bahwa kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural sangat diperlukan dalam dunia kerja. Demikian yang dapat kolonginfo bagikan, salam sukses bagi pegawai baik ASN, maupun non ASN.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*