Investor vs Trader, Apa Perbedaannya?

Tabungan

Kamu adalah seorang trader atau investor? atau jangan-jangan kamu bukan kedua-duanya? Jadi peran apa teman-teman di pasar modal? apakah sebagai investor dan trader? atau malah menjadi seorang gambler?. Kenapa ini penting untuk diketahui sejak awal, karena hal tersebut akan menentukan strategi kalian di pasar modal kedepannya.

Apa Perbedaannya?, Investor vs Trader

Untuk memudahkan pemahaman, kita misalkan dalam sebuah game bergenre RPG, seorang pemain gamer/gamer dapat menentukan menjadi karakter apa. Misal saja teman-teman memilih karakter prajurit pengguna pedang yang berperang di garis depan, atau menjadi prajurit pemanah yang berperang di baris belakang.

Teman-teman akan berusaha untuk memaksimalkan karakter yang dipilih dengan meningkatkan kekuatan dan skill bertarung. Misalkan prajurit berpedang akan berfokus meningkatkan kemampuan bertahan dan skill bertarung jarak dekat, sedangkan pemanah berfokus meningkatkan akurasi serangan jarak jauh. Hal tersebut menggambarkan tujual awal teman-teman di pasar/market untuk dapat meraih keutungan sebesar-besarnya.

Investor

Fokus utamanya biasa melakukan analisis fundamental ekonomi suatu perusahaan seperti melakukan analisis berdasarkan laporan keuangan, oleh karena itu mereka pun berbeda dengan para trader. Mereka akan mencari perusahaan yang bisnisnya akan berkembang terus dalam 3 sampai 5 tahun. Berharap juga mendapatkan keuntungan dari deviden.

Trader

Para trader sebenarnya adalah berdagang, biasanya mereka melakukan analisis dengan pendekatan yang berfokus terhadap pergerakan harga. Senjata utama mereka yaitu analisis chart atau grafik dari pergerakan harga saham. Trader cenderung mencari pada jangka pendek atau menengah untuk mendapatkan keuntungan.

Gambler

Karakter gambler adalah mereka yang berfokus mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat. Berbeda dengan investor dan trader yang fokus mendapatkan profit yang konsisten dalam pasar modal.

Baca Juga:  Aplikasi Rapat Online Terbaik

Para gambler cenderung tidak menerapkan analisis atau tidak mempunyai strategi dalam mencari keuntungan. Risiko untuk mengalami kehilangan/lost pun juga dapat terjadi.

Kesimpulan

Baik investor maupun trader yang sukses memerlukan usaha dan waktu. Tanyakan pada diri teman-teman, peran apa yang lebih cocok. Kisah sukses seorang yang berprofesi investor atau trader juga sudah banyak. Tentunya dengan terus mengasah skill, melakukan analisis, menyusun strategi, dan tentunya jika langsung terjun ke pasar modal tanpa berbekal persiapan hanya akan menjadikan teman-teman menjadi seorang grambler. Pastinya akan ada waktu untuk melatih mental psikologis terhadap pergerakan pasar, pengalaman tersebut hanya dapat di peroleh jika melakukan secara langsung.

Semoga bermanfaat, baca juga terkati artikel rekomendasi untuk Anda, salam profit.

Sumber: diolah dari berbagai sumber

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*