6 Tabungan yang Harus Kamu Miliki!

Tabungan

6 Jenis tabungan yang harus dimiliki – kolonginfo.com. Salah satu kebiasaan yang sudah dilupakan oleh banyak orang yaitu adalah menabung. Mengapa menabung bukanlah hal yang menarik, karena menabung tidak memberikan keuntungan terhadap perusahaan dan ekonomi, karena kalau semua orang menjadi penabung akan banyak sekali perusahaan yang bangkrut dan ekonomi akan berhenti berputar. Kita harus mulai menabung dari sekarang dan harus mulai membiasakan diri untuk menabung. Berikut 6 jenis tabungan yang harus kamu miliki.

Tabungan Dana Darurat

Kita mulai dari tabungan yang pertama yaitu adalah tabungan dana darurat. Dana darurat berfungsi bila terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Misalkan jika kita di PHK atau ada hal lain yang ternyata membuat pendapatan kita menurun drastis seperti pandemi Covid-19 yang terjadi di tahun 2020.

Sangat sedikit sekali orang yang mempunyai tabungan dana darurat jangankan untuk beberapa bulan apa penghasilan di akhir bulan saja banyak orang yang sudah tidak punya dana yang tersisa di kantongnya. Hal ini adalah pelajaran untuk kita semua bahwa tidak selamanya kita hidup damai, makanya kita harus setuju bahwa kita harus punya tabungan dana darurat selama minimal bertahan untuk 3 bulan.

Jadi bila suatu hari nanti kita tidak berpenghasilan selama 3 bulan, maka kita tidak khawatir karena kita bisa mengambil dari tabungan dana darurat, tabungan dana darurat ini mestinya sudah mulai dikerjakan ketika baru pertama kali bekerja atau bisa juga diambil dari bonus dari dana THR yang kita dapatkan.

Saran kami, Anda dapat taruh di rekening yang susah untuk sentuh kalau perlu jangan buat kartu ATM atau bisa juga kita masukan dalam bentuk deposito atau emas agar bebas dari inflasi. Kita pasti akan menghadapi resesi, seperti pada tahun 1998 krisis ekonomi Asia selain itu juga krisis di tahun 2008 ada krisis ekonomi yang merontokkan negara, dan sekarang kita diserang oleh pandemi yang boleh dibilang krisis ekonomi terbesar dalam sejarah umat manusia.

Baca Juga:  8 Jenis Kompetensi Manajerial Bagi Seorang Pemimpin Perusahaan

Tabungan Kesehatan

Tabungan kesehatan sama seperti namanya, tabungan kesehatan kita gunakan pada saat kita harus menghadapi masalah kesehatan, kamu mempunyai pilihan dapat menggunakan BPJS ataupun asuransi kesehatan, tapi kalau saya pribadi saya memilih nggak menggunakan asuransi kesehatan. Sebenarnya terdapat acara yang lebih baik, selain menabung kesehatan dengan mengelola keuangan, namun akan lebih baik jika kita dari sekarang menabung dengan menjaga kesehatan kita.

Cara menabung asuransi kesehatan, yang pertama menjaga kesehatan olahraga rutin yang kedua menjaga pola makan sehat menghindari makanan yang berlemak tinggi tinggi karbohidrat, mengurangi minuman bergula dan lain-lain.

Tabungan Pendidikan

Kita sudah tahu bahwa biaya pendidikan ini makin lama makin mahal dan tidak ada salahnya kalau kita menabung untuk pendidikan di masa depan, Karena pendidikan makin mahal jadi temen-temen yang mau menambah buah hati baiknya berpikir dua kali sebelum memutuskan menambah buah hati karena jika tidak direncanakan dengan baik untuk kita malah dihabiskan dengan membiayai anak dan kita kehilangan kesempatan untuk menikmati kehidupan terbaik di dunia ini.

Mungkin ada pendapat, ingin anaknya mendapatkan kualitas pendidikan yang terbaik sebagai bekal di masa depan karena tantangan yang akan dihadapi generasi setelah kita itu jauh lebih besar dibandingkan generasi kita mereka akan menghadapi orang-orang yang jauh lebih pintar. Di generasi kita, mungkin masih belajar membaca “Ini Ibu Budi “, sementara perkembangan era ini, anak yang berumur 5 tahun sekarang sudah dituntut untuk bisa membaca artikel di internet.

Sebenarnya hal itu merupakan tuntutan pendidikan zaman now, hal tersebut menjadi tantangan jika tertinggal terlalu jauh dan tidak siap dengan tantangan masa depan.
Jadi mulai sekarang, baiknya mulai menyisihkan sebagian pendapatan untuk tabungan anak-anak Tidak ada rasio pasti, tapi lebih baik daripada tidak sama sekali

Baca Juga:  Alasan Investasi Cryptocurrency Menjadi Pilihan Terbaik Yang Harus Dilakukan Sekarang

Tabungan Hari Tua dan Warisan

Tabungan hari tua dan warisan. Jangan sampai kita tua nanti kita malah merepotkan anak-anak kita hanya karena kita tidak disiplin pada saat muda atau karena lupa kalau kita bisa tua. Jangan sampai kita malah menjadikan mereka generasi yang ditekan oleh generasi yang di atas dan generasi di bawahnya kalua. Jika Anda, belum memulai sama sekali, Anda dapat mulai dari menabung untuk dana darurat terlebih dahulu.

Tabungan untuk Impian

Kita semua pasti punya impian, tanpa mimpi, hidup kita akan menjadi terasa hampa. Impian masing-masing orang berbeda-beda, ada yang ingin berkeliling dunia. Jadi apapun itu, kita pasti akan membutuhkan dana dan perlu pengorbanan untuk mewujudkan impian teman-teman. Untuk kita bisa memulai menabung makin cepat lebih baik kalau kita mulai lebih cepat kita akan lebih cepat tercapai hari ini asalkan konsisten.

Tabungan Kebaikan

Tabungan kebaikan, tabungan ini berbeda dengan kita menabung uang, tapi kita menabung kebaikan yang kita bisa lakukan. Meskipun begitu kita nggak boleh pamrih dan mengharapkan timbal balik atas kebaikan yang kita lakukan. Yakinlah kebaikan kita akan bermakna, dan mungkin saja akan dibalas oleh orang lain suatu hari nanti. Ada beberapa orang yang memiliki pikiran, hukum tabur tuai atau Karma. Hukum itu, yang tetap ada, kita menuai apa yang kita tabur kalau kita nggak pernah menabur kebaikan apa yang mau kita tuai.

Itu dia 6 tabungan yang harus kita punya saat ini, Jika sahabat kolonginfo, mempunyai jenis tabungan selain diatas, jangan lupa tinggal kan komentar dan share ke saudara yang lain. Semoga bermanfaat. 

Sumber: Diolah dari berbagai sumber

Baca Juga:  Investor vs Trader, Apa Perbedaannya?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*