Pengalaman Cek Fisik Bantuan Kendaraan Samsat Jakarta Pusat

Cek Fisik Kendaraan

Berbagi pengalaman Cek Fisik Bantuan Kendaran Motor di Samsat Jakarta Pusat

Hari ini saya ingin berbagi pengalaman Cek Fisik Bantuan Kendaran Motor di Samsat Jakarta Pusat, dimana cerita singkat terkait pengalaman saya mengurus perpanjangan STNK 5 tahunan. Sebelumnya, saya ingin menceritakan permasalahan saya, Saya bekerja dan nge-kos di Jakarta Pusat dan bepergian sehari-hari menggunakan sepeda motor dengan plat nomor AB (jogja). Sehingga untuk pengurusan perpangjangan STNK 5 Tahunan hanya bisa di lakukan di daerah asal sesuai plat nomornya (tidak bisa di lakukan di Samsat Jakarta Pusat). Oleh karena itu saya hanya bisa melakukan cek fisik bantuan kendaraan disini.

Alamat Samsat Jakarta Pusat

Setelah bertanya sana-sini, Saya akhirnya berangkat menuju Samsat terdekat, yaitu Samsat Jakarta Pusat yang beralamatkan di Jl. Gunung. Sahari No.13, RT.1/RW.9, Pademangan Bar., Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14410.
Silahkan check Google Map untuk lokasinya

Langkah-langkah Pengurusan Cek Fisik Bantuan


Mula-mula setelah saya masuk melalui pintu gerbang, dan bertanya dengan salah satu juru parkir, bagaimana untuk melakukan cek fisik bantuan, maka oleh juru parkir parkir langsung diarahkan untuk menuju belakang gedung dan parkir dibelakang gedung (bukan di depan gedung).
Ternyata lokasi dari Cek Fisik Kendaraan baik motor dan mobil lokasinya ada di belakang gedung, dekat Masjid.

Setelah saya parkir motor di dekat Masjid, saya menuju ke loket pendaftaran untuk mencari informasi bagaimana melakukan perpanjangan STNK 5 tahunan. Di sini saya dapat informasi bahwa untuk pengurusan perpangjangan STNK 5 Tahunan hanya bisa di lakukan di daerah asal sesuai plat nomornya (tidak bisa di lakukan di Samsat Jakarta Pusat). Oleh kerena itu saya hanya bisa melakukan cek fisik bantuan kendaraan disini. Apa yang diperlukan dan didapat di loket pembayaran
Meminta Form Cek Fisik Bantuan Kendaraan dan Memberikan STNK. (Biaya Rp30.000,00) , setelah itu anda akan mendapatkan form berwarna kuning itulah form cek fisik bantuan kendaraan… dan form itu tidak perlu di isi dahulu, karena saya langsung diarahkan untuk langsung melakukan cek fisik kendaraannya. Dimana lokasi cek fisik kendaraan? ada dibelakang loket, ada papan informasinya lokasi cek fisik untuk kendaraan roda 2

Baca Juga:  Investasi Crypto , Investasi Kripto Modal Kecil, Cocok untuk Pemula
Loket Pendaftaran Cek Fisik Kendaraan (Di dekat Masjid/ Belakang Gedung Induk)

Cek Fisik Bantuan Kendaraan Roda 2

Sesudah mendapatkan form cek fisik kendaraan (form warna kuning), maka kita perlu ambil motor kita yang tadinya kita parkir di dekat masjid untuk dibawa ke lokasi Cek Fisik Kendaraan Roda 2 dengan membawa formnya. Disana kita akan mengantri motor untuk di cek fisik, kita akan diminta standar tengah, dan juru cek akan bekerja mengecek nomor kendaraan dll, Juru cek akan mengisikan nomor di form kuning, kita hanya menunggu saja…
Setelah selesai dicek, kita akan diarahkan kembali untuk menyerahkan ke loket pendaftaraan diawal tadi, namun kita perlu parkirkan kembali motor kita di dekat Masjid dahulu.
Di loket pembayaran, kita serahkan form kuning dan kita tunggu panggilan atas nama sesuai yang tercantum di STNK-nya. Karena STNK nya nama Bapak saya, berarti Nama Bapak saya dipanggil. Kita duduk didepan loket pendaftaran, ingat karena masa covid, maka duduknya punya harus jaga jarak…
Setelah dipanggil namanya, maka form cek fisik bantuan kendaraan dapat diambil dan telah selesai.
Saran saya langsung di fotocopi saja, lokasi fotokopi ada di dekat selatan loket pendaftaran/ utara Masjid, kalo bingung liat aja papan tulisan “fotocopi”. Fotocopy beberapa sesuai dengan kebutuhan. 1 lembar seribu rupiah.
Selanjutnya, karena plat nomor motor saya AB, maka saya harus mengirim kan BPKB, STNK , dan Bukti Cek Fisik Fisik Kendaraan (form kuning) ke Jogja agar bisa diurus perpanjangan 5 tahunan disana oleh keluarga saya hehe…

Demikian sedikit cerita saya mengenai Cek Fisik Bantuan Kendaraan/ Numpang Gesek di Samsat Jakarta Pusat. Di masa PSBB covid hanya dilayani hari Senin-Jumat saja. Dari hasil saya mencari surat cek fisik kendaraan tidak memakan waktu yang banyak, mungkin sekitar 45 menit, dan layanan juga mudah dan cepat.
Semoga informasinya membantu teman-teman sekalian, dan jika berkenan silahkan klik iklan yg tercantum, agar admin lebih semangat lagi berbagi info. Terima kasih

Baca Juga:  Cara Mendaftar Tokocrypto

13 Comments

  1. Matur suwun Mas, sangat membantu.
    Hari ini lancar, ngurus cek fisik bantuan.

    Saran, walau di depan banyak yg parkir motor, langsung parkir di belakang di masjid aja, atau langsung parkir di tempat cek fisik, trus ambil formulir.

    • Sama-sama,
      Setuju Pak, parkir motor bisa langsung belakang/dekat masjid saja dan langsung parkir di tempat cek fisik, bukan di depan karena nanti akan diminta kebelakang untuk cek fisik

  2. Matur suwun Mas, sangat membantu.
    Hari ini lancar, ngurus cek fisik bantuan.

    Saran, walau di depan banyak yg parkir motor, langsung parkir di belakang di masjid aja, atau langsung parkir di tempat cek fisik, trus ambil formulir.

  3. Halo mas, punya mas kan STNKnya atas nama orang tua mas, berarti mas bawa KTP asli orang tua mas atau hanya fotocopynya?

    • Benar, STNK nama orang tua saya, kl sy kemarin tidak ditanya panjang lebar, hanya nuggu nama yang dipanggil adalah nama yang di STNK (orang tua), namun diawal, dimeja registrasi sy sampaikan atasnama bahwa STNK atas nama orang tua saya bukan nama pribadi saya.
      Selain itu, sebenarnya sy jg sudah siap dgn ftcpy Kartu Keluarga, ftcpy KTP orang tua saya, dan sy juga sudah jaga2 siap surat kuasa.
      Semoga membantu

    • Bener2 terinformasi dengan jelas dari artikel ini, terimakasih mas. Hari ini saya ngurus cek fisik bantuan lancar, bahkan tdk ada biaya sama sekali. Mungkin Kalo ga baca ini agak bingung jga saya karena ga ngelihat papan alur prosedurnya bagaimana.

    • Seingat saya untuk cek fisik bantuan kendaraan belum butuh BPKB (tidak tahu apakah ada perubahan syarat tidaknya). Mungkin bisa konfirmasi dahulu melalui telp atau socmed, terkait cek fisik bantuan kendaraan di luar daerah

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*