Modus Kejahatan Crypto, Waspadai!

Investasi Crypto / Investasi Kripto

kolonginfo.com – Modus Kejahatan Crypto. Terdapat hal-hal yang harus diwaspadai dalam investasi crypto dewasa ini. Crypto merupakan teknologi baru sehingga banyak penjahat yang menjadikannya sebagai peluang untuk melakukan kejahatan untuk mendapatkan keuntungan dengan merugikan aset orang lain. Berbagai modus kejahatan crypto pun harus kita waspadai.

Sudah terdapat beberapa atau modus kejahatan yang terjadi dalam investasi crypto. Seyogya Anda juga harusnya mewaspadai atau mencegah kejahatan tersebut terjadi pada Anda, sehinga Anda terlepas menjadi korban dari kejahatan investasi crypto.

Modus Kejahatan Crypto
Modus Kejatahan Crypto

Terdapat beberapa hal yang harus Anda ketahui, beberapa kasus dan modus-modus kejahatan yang muncul dalam dunia crypto/cryptocurrency

Modus Kejahatan Crypto Skema Ponzi

Ketika Anda ingin melakukan aktivitas investasi crypto namun diarahkan atau ditugaskan atau diwajibkan untuk mengajak anggota baru. Dimana anggota baru tidak dapat mengakses wallet-nya sendiri. Hal ini perlu diwaspadai karena bisa jadi Anda masuk dalam skema Ponzi.

Contoh kasus crypto yang berskema Ponzi ini adalah kasus EDCCash. Dimana anggota diwajibkan mencari anggota baru. Sehingga keuntungan akan didapatkan jika bertambahnya anggota baru. Ciri dari kasus ini adalah, koin yang ditawarkan tidak terdaftar dalam koin marketcap, fee yang besar, dan harga koinnya pun jauh berbeda dari harga pada exchange lainnya.

Kejahatan modus Crypto Exchange

Selama aset kita terdapat dalam internet, tidak ada yang memberi keamanan mutlak. Hal ini dapat dalam terjadi dalam kasus yang heboh dalam dunia crypto, yaitu Thodex yang merupakan crypto exchange terbesar di Turki membawa lari uang dari nasabahnya dengan total kerugian sebesar 2 Miliar Dollar. Hingga saat artikel ini ditulis CEO Thodex masih dalam buron.

Baca Juga:  Serangan DarkSide Ransomware, Pengertian dan Pencegahan

Kejahatan modus Crypto Koin Sampah

Modus dengan memberikan tawaran koin yang murah namun tidak memiliki fundamental uang kuat. Seperti koin OneCoin, yang dalam marketingnya akan sanggup menjadi pembunuh Bitcoin, namun nyatanya adalah merugikan nasabahnya, angka-angka palsu, lalu pemilik OneCoin membawa kabur dana nasabahnya. Anda harus waspada terhadap platform yang menawarkan keuntungan yang tidak masuk akal, atau menawarkan robot-robot investasi. Bisa saja aplikasi tersebut mengandung malmware.

Kejahatan Modus Perusahaan Crypto Miner dan Cryptojacking

Perusahaan yang mengklaim sebagai perusahaan yang menambang koin. Perusahan ini biasanya menawarkan teknologi cloud mining sebagai teknologi untuk menambang koin. Modus ini merupakan scam bagi investor pemula yang diiming-imingi akan mendapat keuntungan yang besar jika menggunakan jasa penambangan koin. Scam merupakan praktik penipuan yang merugikan nasabah.

Selain hal tersebut, terdapat teknis Cryptojacking. Dalam modus yang cryptojacking, Anda diarahkan untuk menggunakan aplikasi tertentu. Misalkan Anda diwajibkan menginstal aplikasi dimana aplikasi tersebut sudah terpasang malmware. Komputer Anda, akan melakukan penambangan, namun keuntungan dari penambangan akan dinikmati oleh pelaku, sedangkan Anda tidak mendapatkan keuntungan, namun Anda harus membiayai tagihan listrik. Semua dilakukan tanpa sepengetahuan nasabah.

Kesimpulan

Terdapat hal-hal yang harus Anda waspadai ketika Anda ingin melakukan investasi crypto. Beberapa modus kejahatan seperti dengan penerapan skema ponzi, shitcoin/koin sampah, malmware, scam, cryptojacking. Anda harus mewaspadai hal-hal yang dapat menjadi modus kejahatan crypto tersebut demi menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan dan menjaga aset Anda tetap aman mengingat teknologi crypto merupakan teknologi volatile.

Demikian yang kolonginfo bagikan, semoga bermanfaat, untuk artikel cryptocurrency lainnya juga dapat Anda baca. Silahkan tinggalkan comment atau share artikel ini!

Baca Juga:  Komunikasi Bagian dari Kompetensi Manajerial

Sumber: berbagai sumber

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*