Token Burn, Pengertian dan Manfaat?

token burn

kolonginfo.com – Apa itu token burn? Token burn adalah mekanisme dimana token-token dibakar atau dapat dipahami sebagai penghapusan secara permanen agar jumlah yang beredar berkurang. Token yang telah dibakar (burn) tidak dapat digunakan kembali.

Pengertian Token Burn

Token burn/ pembakaran token adalah mekanisme penghapusan secara permanen agar jumlah yang beredar berkurang. Token yang telah dibakar (burn) tidak dapat digunakan kembali. Pembakaran token dilakukan oleh developer proyek yang membeli kembali/atau menarik token dari peredaran yang dimasukan ke wallet khusus atau disebut eater address. Token tersebut akan dihapus dari perederan atau menjadi tidak berguna.

Mekanisme burn untuk koin berbeda-beda. Apakah hanya sekali burn atau beberapa kali burn. Misalnya untuk Binance yang melakukab burn setiap kuartal atau per 3 bulan, dengan motivasi sesuai tujuan Binance untuk burn 100juta BNB.

Alasan dilakukan Token Burn

Tujuan besarnya untuk melakukan deflasi terhadap nilai koin atau token. Bisa disederhanakan burn ini dapat dipahami menciptakan kelangkaan pada token tersebut. Ketika suatu sumber daya terbatas maka nilai dari sumber daya tersebut akan mempunyai nilai yang tinggi. Seperti halnya emas, emas menjadi komoditi yang sumber dayanya terbatas, maka nilainya akan tinggi.

15th BNB Burn | Quarterly Highlights and Insights from CZ | Binance Blog
BNB Burn yang dilakukan oleh Binance

Pembakaran token juga dapat karena dilakukan ketika terdapat kesalahan yang di lakukan oleh developer proyek. Misalkan untuk kasus token Tether melakukan burn karena salah dalam mencetak jumlah koin.

Manfaat Token Burn

Manfaat dari pembakaran token dapat dinikmati oleh pihak investor dan pihak developer proyek itu sendiri dimana dapat menjaga atau mestabilkan nilai suatu token dan dapat menurunkan potensi inflasi.

Baca Juga:  Alasan Investasi Cryptocurrency Menjadi Pilihan Terbaik Yang Harus Dilakukan Sekarang

Kesimpulan

Banyak alasan untuk mendasari untuk melakukan pembakaran token terhadap koin/token sesuai dengan motivasi yang dimiliki oleh developer project. Pada dasarnya token burn akan menciptakan jumlah token yang terbatas di peredaran dengan cara dihapus secara permanen. Selain hal-hal tersebut, investor juga harus waspada terhadap modus kejahatan crypto.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, untuk artikel cryptocurrency lainnya juga dapat Anda baca. semoga bermanfaat bagi Sobat Kolonginfo!

Sumber: berbagai sumber

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*