8 Panduan Investasi Bagi Pemula Untuk Mencapai Keuntungan Maksimal

Investasi

Panduan Investasi bagi Pemula – kolonginfo.com. Banyak cara yang dapat ditempuh agar uang bertambah di masa depan, diantaranya dengan investasi. Namun, tidak berarti dengan berinvestasi uang akan langsung bertambah seketika. Perlu waktu dan tetap mengandung resiko. Berikut merupakan panduan bagi pemula untuk berinvestasi.

Panduan Investasi bagi Pemula

Bagi mereka yang masih awam, mungkin kebingungan mencari panduan kapan saat memulai investasi yang tepat dan bagaimana caranya. Jadi, untuk para pemula ada sejumlah panduan yang bisa diterapkan antara lain sebagai berikut:

Melihat Tujuan Dan Kebutuhan

Luangkanlah waktu untuk memikirkan apa tujuan utama Anda berinvestasi. Pisahkan antara tujuan jangka pendek, menengah dan panjang. Misalnya membeli gadget atau hal lainnya bisa masuk ke dalam tujuan jangka pendek.

Sementara, merencanakan pernikahan atau pensiun masuk ke dalam tujuan jangka panjang. Perencanaan finansial untuk hal tersebut dibutuhkan dan harus berdasarkan tujuan keuangan.

Memisahkan Antara Tabungan Dan Investasi

Penting juga untuk diketahui bahwa investasi dan tabungan menjadi dua hal berbeda. Uang yang ditabung tidak menghasilkan nominal yang semakin meningkat atau mungkin hanya dengan sedikit bunga. Namun, investasi dapat memberikan keuntungan tinggi khususnya pada jenis investasi jangka panjang. Karenanya, pisahkan kedua hal tersebut.

Tabungan
Investasi dan tabungan (sumber: unsplash.com)

Menyesuaikan Gaji Dengan Jenis Investasi

Sekarang ini ada banyak sekali pilihan investasi dan masing-masing punya kelebihan serta kekurangan. Sesuaikan juga dengan kemampuan Anda saat ini. Misalnya, pemasukan gaji masih di bawah Rp4.000.000 maka akan lebih baik Anda mencari instrumen investasi yang memiliki risiko paling rendah. Pelajari juga jenis-jenis dari investasi. Terdapat beberapa jenis instrumen, seperti emas, saham, kripto, property, reksadana. Setiap jenis memiliki karakteristiknya masing-masing.

Baca Juga:  Langkah Kecil Agar Bebas Finansial Di Usia Muda!

Mempelajari Pasar

Resiko saat berinvestasi bisa diminimalisir saat Anda paham pasar. Beda halnya dengan tabungan sama investasi mempunyai dua kemungkinan yaitu memperoleh keuntungan atau mengalami kerugian. Resiko kegagalan memang akan selalu ada karena pasar tidak dapat diprediksi dan oleh karena itu, Anda harus mempelajari dunia pasar.

Menyebarkan Investasi

Selain memilih investasi pada jenis barang atau perusahaan, diversifikasinya juga sangat penting. Sebaiknya, tidak menaruh uang di satu tempat saja karena dapat berbahaya. Anda tidak akan tahu resiko yang terjadi di masa depan dan harus siap kehilangan. Dengan menyebarkan investasi, maka saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada sebuah perusahaan, maka Anda tidak kehilangan semuanya.

Mengamati Grafik Investasi

Laju investasi selanjutnya sebaiknya memang mengalami pergerakan positif dan signifikan. Di dalam dunia investasi, misalnya pada saham, dalam hitungan menit harganya bisa berubah. Apapun jenis investasi yang dipilih, tetaplah perhatikan bagaimana kondisi pasar sesering mungkin. Amati seperti apa perkembangannya dan ambil timing yang tepat untuk membeli atau menjual saham.

Cari Investasi Yang Tahan Inflasi

Ada sejumlah instrumen finansial yang bagus untuk dipilih misalnya saham, reksadana, obligasi, deposito, emas, atau valas. Tidak semuanya kebal terhadap inflasi. Cari jenis yang dianggap lebih kuat meskipun terjadi krisis ekonomi di suatu negara.

Menyiapkan Dana Darurat

Kalau Anda belum mempunyai dana darurat, akan lebih baik fokus dahulu di usaha anda untuk mempersiapkan biaya hidup sekitar 3-6 bulan kedepan. Ini disebut dengan dana darurat yang dipakai untuk berjaga-jaga saat Anda menghadapi kejadian atau kondisi yang tidak diinginkan. Contohnya, misalnya karena PHK atau Anda resign. Dengan dana darurat, anda punya waktu untuk mencari pekerjaan yang baru atau membuka usaha.

Baca Juga:  Coba Ini, Investasi Menguntungkan 2021, Wow

Demikian pembahasan tentang panduan investasi untuk pemula. Semakin cepat Anda memulainya, semakin bagus untuk masa depan Anda. Dengan ulasan kami di atas, semoga dapat membantu anda yang kebingungan bagaimana cara memulai berinvestasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*