Lima Jenis Investasi Paling Menguntungkan Untuk Jangka Panjang

Investasi

Jenis Investasi Paling Menguntungkan Untuk Jangka Panjang – kolonginfo.com. Saat Anda berinvestasi, tidak hanya dapat mengamankan uang namun semakin menambah nilainya di masa depan. Pada umumnya, investasi terbagi menjadi dua tujuan yaitu jangka pendek dan jangka panjang.  Biasanya, untuk investasi jangka panjang, para investor memilih aset yang nilai uangnya mengalami kenaikan di masa depan.

Memang, jika dilihat dari segi waktu, maka investasi jangka panjang dilakukan selama lebih dari 5 tahun. Oleh karena itu, semakin muda Anda melakukan investasi, maka keuntungan di kemudian hari juga bisa semakin besar. Namun, sebagai seorang investor harus berhati-hati mengingat resiko tetap ada.

Jenis Investasi Paling Menguntungkan Jangka Panjang

Bagi Anda yang berencana melakukan investasi finansial jangka panjang, ada beberapa pilihan yang direkomendasikan yaitu sebagai berikut :

Emas

Sudah menjadi rahasia umum bahwa emas merupakan salah satu investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan. Banyak yang mengatakan kalau harga emas lebih stabil dibandingkan mata uang. Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu membeli emas di toko emas, setelah itu menyimpan dengan baik di rumah. Selain itu, banyak juga tersedia produk tabungan emas.

Properti

Investasi properti baik tanah atau pembangunan juga sekarang ini banyak dilakukan. Instrumen ini memang terbukti keuntungannya untuk jangka panjang. Alasannya, karena harga tanah pasti akan setiap tahunnya. Bahkan, kenaikan harga properti bisa mencapai 20% pertahun.

Namun sayangnya, memang banyak generasi muda yang enggan berinvestasi di bidang properti, karena kendala finansial. Harga satu unit rumah saja, dapat menyentuh angka ratusan juta sampai milyaran. Meski harganya mahal, namun biasanya investasi properti tetap mendatangkan keuntungan jangka panjang.

Baca Juga:  Investasi Crypto , Investasi Kripto Modal Kecil, Cocok untuk Pemula

Saham Blue Chip

Saham menjadi salah satu pilihan investasi jangka panjang yang cukup menguntungkan juga. Bahkan, dengan memiliki saham, artinya Anda mempunyai sebuah perusahaan walaupun nilainya hanya 0,000001 %. Bagi Anda yang belum paham, saham merupakan bukti kepemilikan atau penyertaan dalam sebuah perusahaan.

Saat mempunyai saham, Anda berhak atas pembagian laba atau dividen perusahaan setiap tahun. Saham blue chip merupakan jenis yang paling diunggulkan dengan angka kapitalisasi besar, paling tidak di atas 40 triliun. Namun, memang resiko finansial yang dimiliki juga sepadan dan Anda harus mempelajari lebih mendalam tentang dunia saham ini.

Reksadana Saham

Reksadana juga sekarang ini menjadi salah satu instrumen terpopuler di kalangan milenial dan dapat disesuaikan dengan tujuan keuangan. Ada empat macam reksadana, yaitu reksadana pasar uang, pendapatan tetap, serta saham dan campuran.

Tabungan Berjangka

Jenis investasi jangka panjang berikutnya yaitu tabungan berjangka. Instrumen finansial ini memang tidak memiliki popularitas seperti tabungan biasa, namun keuntungannya cukup menarik. Sesuai namanya, pada jenis investasi ini akan mewajibkan Anda menabung secara rutin sesuai dengan waktu yang telah disepakati.

Berbeda halnya dengan tabungan biasa, pada tabungan berjangka mempunyai bunga lebih tinggi. Akan tetapi, kekurangannya Anda tidak bisa dengan bebas untuk mencairkan uang. Anda hanya dapat mencairkan dana sesuai dengan tempo yang sudah ditentukan pada awal perjanjian.

Dari kelima jenis investasi jangka panjang yang sudah kami bahas di atas, mungkin Anda tertarik untuk mencoba salah satunya. Mungkin dari yang paling mudah dahulu seperti emas? Atau jika memang sudah mengetahui prinsipnya, bisa terjun ke jenis saham atau reksadana. Semua itu terserah Anda, disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial masing-masing.

Baca Juga:  Cara Cepat Mapan Finansial Yang Harus Kamu Coba

Investasi Kripto

Diluar 5 jenis investasi tersebut, saat ini muncul investasi yang sedang naik daun, yaitu investasi kripto. Investasi ini high risk high return.

Untuk mengetahui lebih jauh investasi kripto, seperti definisi, tips, keamanan dll, admin bahas dalam kategori tersendiri. Baca juga artikel terkait investasi kripto.

Demikian yang dapat admin bagikan untuk sobat kolonginfo. Semoga bermanfaat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*