Langkah Kecil Agar Bebas Finansial Di Usia Muda!

Tabungan

Bebas finansial – kolonginfo.com. Bebas dalam segi finansial merupakan impian yang pastinya didambakan oleh siapa saja. Kebebasan di bidang tersebut bisa anda pahami sebagai kondisi saat seseorang mempunyai jumlah pendapatan yang dapat mencukup seluruh kebutuhan di hidupnya serta tanpa perlu lagi aktif bekerja dengan bos orang lain dalam bentuk sebuah profesi.

Bebas Finansial

Data Mining
Sudahkah Anda bebas finansial?

Nah pastinya anda bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan pendapatan per satu bulannya. Orang yang telah bebas dari segi keuangan umumnya mendapatkan penghasilan dari passive income. Seperti aset simpanan, hasil bisnis berupa tanam modal maupun sumber pendapatan lainnya. Mudahnya, pada fase tersebut bukan anda yang bekerja guna mendapat uang, namun uang yang bekerja sebagai penghasil pundi pendapatan tiap bulannya.

Kendati demikian, kebebasan di bidang keuangan tak selalu didefinisikan dengan mempunyai uang berjumlah banyak. Anda dapat dibilang merdeka di bidang finansialnya jika kebutuhan hidup bisa terpenuhi dengan layak, terbebas dari hutang dan pastinya bahagia. Kalau anda hendak mencapai hal tersebut di usia muda ada baiknya mengikuti langkah di bawah ini dan mempraktekkannya secara langsung.

Harus memiliki persediaan dana darurat yang mencukupi

Cara bebas finansial di usia muda pertama anda harus mempunyai dana darurat yang jumlahnya memadai. Tetapi sebelum menabung untuk dana darurat, pastikan dahulu anda mempunyai rekening dana darurat terpisah dengan rekening bank utama untuk kebutuhan sehari-hari. Idealnya anda bisa memiliki persediaan dana darurat hingga enam kali lipat dari pengeluaran rutin tiap bulannya. Sisihkan penghasilan tiap bulannya supaya target dana darurat bisa tercapai.

Baca Juga:  Investasi Crypto , Investasi Kripto Modal Kecil, Cocok untuk Pemula

Investasikan 10 hingga 20 persen gaji setiap bulan

Perlu anda ketahui hidup tidak hanya untuk saat ini saja, siapa saja perlu merencanakan tujuan keuangan yang hendak diwujudkan pada masa mendatang. Tentukan lebih dahulu apa saja sebagai tujuan keuangan dalam jangka pendek, menengah hingga jangka panjang. Baru setelah itu anda dapat memyisihkan investasi berdasarkan tujuan keungan yang hendak dicapai.

Biasanya dengan melakukan ketetapan dengan tujuan keungan beserta target penanaman modal lebih dahulu membuat anda tetap memiliki motivasi guna rutin berinvestasi tiap bulannya. Pilihlah model penanaman uang yang akan mendatangkan hasil paling tinggi. Tujuannya tentu saja agar anda bisa mendapatkan penghasilan cukup dari aktivitas berinvestasi.

Kini para anak muda gemar berinvestasi dengan mata uang digital atau terkenal dengan istilah cryptocurrency. Proses penanaman uang menggunakan aset kripto tersebut pada dasarnya sama dengan model perdagangan. Di mana anda bisa membeli sebuah aset kala harganya rendah kemudian menjualnya saat harga cenderung naik. Akan tetapi model bisnis tersebut memiliki resiko cukup tinggi.

Menghindar dari belanja memakai cicilan kartu atau pilihan paylater

Kartu kredit kerap menjadi salah satu pilihan metode pembayaran saat anda tengah berbelanja terlebih di pusat perbelanjaan modern. Bukan hanya kartu kredit, sejumlah aplikasi belanja online maupun dompet elektronik juga banyak merilis fitur bernama paylater. Fitur ini mengartikan beli sekarang lalu membayar di kemudian hari. Sebenarnya berbelanja memakai kartu kredit membuat siapa saja ketagihan namun bunganya sangat tinggi.

Terlebih kebiasaan buruk tersebut sulit dihilangka siapa saja. Apalgi anda suka menunda-nunda waktu dalam pelunasan cicilan. Sehingga tagihan jadi menumpuk serta bunga yang harus dibayarkan semakin besar terasa mencekik.

Baca Juga:  Cara Cepat Mapan Finansial Yang Harus Kamu Coba

Cara bebas finansial di usia muda tersebut tidak akan menyulitkan anda saat mempraktekkannya secara langsung. Terpenting anda jangan terlalu boros dan selalu memenuhi keinginan semata daripada kebutuhan sehari-hari.

Baca juga artikel terkait investasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*