Alasan Investasi Cryptocurrency Menjadi Pilihan Terbaik Yang Harus Dilakukan Sekarang

Investasi Crypto / Investasi Kripto

Investasi cryptocurrency atau crypto merupakan aset finansial virtual. Anda mungkin sudah sering kali mendengar keriuhan publik mengenai investasi atau trading dengan cryptocurrency. Aset kripto memang sekarang ini sedang naik daun karena sejumlah kesuksesan mata uangnya seperti ethereum, bitcoin, sampai altcoin yang memberikan keuntungan besar bagi pemiliknya.

Akan tetapi, tidak semua orang paham tentang alasan berinvestasi aset digital ini sepenuhnya. Banyak dari mereka yang hanya mengikuti tren semata tanpa mengenal lebih jauh cryptocurrency. Terjun langsung tanpa bekal yang jelas, dapat membuat Anda terjebak dan bisa-bisa mengalami kerugian.

Pengetahuan mengenai aset digital akan membuat Anda lebih konsisten berinvestasi cryptocurrency, walaupun harganya mengalami kenaikan atau penurunan. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan dijelaskan sejumlah alasan berinvestasi crypto.

Berkenalan Dengan Karakteristik Dari Aset Digital

Cryptocurrency merupakan aset finansial virtual yang keamanannya dilindungi kriptografi dan membuat sulit dipalsukan. Aset crypto berada di jaringan terdesentralisasi diatas teknologi blokchain. Karena sifatnya terdesentralisasi,  maka tidak bisa diawasi, diterbitkan, maupun diatur oleh pemerintah atau otoritas resmi lain.

Manfaat Serta Kekurangan Investasi Cryptocurrency

Dengan crypto, memang transaksi finansial antar penggunanya mudah karena tanpa perantara atau yang dinamakan intermediaries seperti halnya bank. Jadi, transaksi secara tepat dapat dilakukan tanpa dikenakan berbagai biaya.

Keamanannya juga terjaga karena pencatatan transaksi pada blokchain memakai algoritma konsensus khusus. Tidak semua orang dapat menjalankan algoritma ini. Contoh algoritma konsensus ini misalnya pada proof of work.

Baca Juga:  8 Panduan Investasi Bagi Pemula Untuk Mencapai Keuntungan Maksimal

Alasan Investasi Crypto

Ada alasannya mengapa banyak orang tetap ingin investasi crypto walaupun terdapat pro dan kontra. Berikut ini alasannya :

Teknologi Blokchain

Teknologi blockchain merupakan buku besar yang berisi berbagai transaksi finansial crypto yang dapat diakses publik namun isinya tidak dapat dirubah sembarangan. Teknologi ini menghilangkan perantara keuangan dan transaksi jadi lebih murah. Anda tidak perlu lagi keluar biaya administrasi untuk transaksi, seperti contoh sederhananya saat transfer ke beda rekening bank.

Alat Penyimpan Aset Relatif Stabil

Sifat utama cryptocurrency adalah bermanfaat untuk jangka panjang. Pada umumnya, uang fiat punya supply yang tak terbatas dan tergerus oleh nilai inflasi. Namun, ini tidak berlaku bagi aset kripto.

Sejumlah aset finansial mempunyai suplai yang terbatas dan menjadikannya pilihan terbaik dalam menyimpan kekayaan. Selain itu, aset kripto juga tidak punya korelasi atau hubungan yang secara langsung dengan tingkat inflasi.

Dengan demikian, hal ini dapat dijadikan dasar bahwa investasi crypto cukup tepat bagi mereka yang khawatir dengan tingkat inflasi serta krisis moneter. Bahkan, sekarang ini bitcoin seringkali dijuluki juga sebagai “emas digital”.

Pilihan Bagus Untuk Investor Mengelola Resiko

Cryptocurrency memang sekarang ini naik daun. Sehingga, tidak mengherankan jika tetap menjadi objek dari spekulan atau trader yang ingin mencari uang secara instan. Karenanya, fluktuasi aset digital memang terbilang cukup kencang.

Disaat tersebut, para investor dapat melatih mentalnya agar tidak terpengaruh situasi. Investasi di cryptocurrency akan menjadikan emosi dan kesabaran lebih terjaga. Saat seseorang terlalu bernafsu mengejar keuntungan, maka bukannya mendapat profit malah bisa loss.

Demikianlah beberapa alasan investasi crypto bisa dibilang yang terbaik saat ini. Dengan beberapa kelebihan serta karakteristik yang sudah kami jelaskan di atas, harapannya pemahaman Anda mengenai aset finansial ini semakin meningkat. Anda akan semakin yakin untuk memulai investasi pada berbagai aset yang ada baik itu bitcoin, ethereum, ripple dan sebagainya.

Investasi cryptocurrency
Investasi Cryptocurrency pada Tokocrypto dan gunakan id referensi ini

Salah satu aplikasi untuk berinvestasi yang telah di akuioleh OJK adalah Tokocrypto

Baca Juga:  Investor vs Trader, Apa Perbedaannya?

Baca artikel lainnya terkait investasi crypto , perbandingan aplikasi, modus kejahatan, serta peluang mendapatkan bonus ketika mendaftar tokocrypto untuk berinvestasi crypto.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*