Serangan DarkSide Ransomware, Pengertian dan Pencegahan

Darkside Ransomware

kolonginfo.com – Serangan Darkside Ransomware, Pengertian dan Pencegahan. DarkSide Ransomware adalah jenis malmware yang memiliki target utama untuk menyerang sektor finansial. Malmware ini akan mengakibatkan kebocoran data baik data privacy atau data suatu institusi lembaga. Darkside Ransomware sangat merugikan sehingga kita perlu mewaspadai dan melakukan upaya pencegahan.

Ransomware Darkside merupakan malmware yang merugikan

Pengertian Darkside Ransomware

Ransomware Darkside merupakan malmware yang mengakibatkan kebocoran data. Serangan malmware saat ini memang ditemukan di luar negeri, namun tidak memungkinkan juga serangan meluas masuk ke Indonesia. Malmware ini dapat menjangkiti komputer korban dengan cara teknik phising melalui tautan/link atau file yang dikirim melalui surat/ email, atau link pada suatu situs, iklan, atau lainnya.

Darkside Ransomware akan mengambil data korban, lalu malmware melakukan pengenkripsian data, dan meninggalkan notifikasi tebusan agar data tersebut dapat di akses kembali, namun hal itu memiliki peluang kecil untuk di lakukan pemulihan data menjadi kembali normal.

Upaya Pencegahan Darkside Ransomware

  • Gunakan perangkat lunak/software berlisensi, bukan bajakan, hal ini akan memperkecil peluang serangan mengingat patching pada software bajakan berpotesi besar terpasang malmware.
  • Gunakan surel/email dengan bijak, seperti registrasi olshop, media sosial, dll
  • Kenali identitas pengirim pesan email
  • Jangan unduh file attachment/lampiran yang mencurigakan
  • Jangan klik link pada konten email yang tidak dikenal, link iklan, atau link sejenis lainnya
  • Pastikan aktifkan firewall pada komputer Anda
  • Melakukan pembatasan akses sharing folder komputer Anda dengan host lainnya, batasi dengan user dan password tertentu
  • Backup berkala data Anda
  • Gunakan antivirus terbaru

Jika terindikasi menjadi korban dari Ransomware Darkside segera lakukan pengisolasian perangkat, putuskan dari jaringan internet/intranet, agar malmware tersebut tidak meluas dan laporkan pada bagian IT/helpdesk kantor Anda, atau install antivirus terbaru.

Baca Juga:  Kelemahan Jaringan Wifi

Kesimpulan

Darkside Ransomware merupakan varian malmware yang saat ini sedang menjangkiti jaringan yang berada diluar negeri, meskipun demikian tidak menutup potensi meluasnya sampai ke Indonesia. Oleh karena itu, kita harus melakukan pencegahan penyebaran malmware tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, untuk artikel Sistem Keamanan Informasi lainnya juga dapat Anda baca. semoga bermanfaat bagi Sobat Kolonginfo!

Sumber: berbagai sumber

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*