Kebebasan Finansial (Financial Freedom) adalah

Investasi

Kebebasan finansial (Financial Freedom) – kolonginfo.com. Jika dibandingkan dengan zaman dulu, kini kehadiran teknologi digital semakin memudahkan penyampaian informasi, termasuk mengenai finansial. Anak muda saat ini mendapatkan begitu banyak dukungan informasi dan aplikasi untuk mulai memerhatikan kondisi keuangannya sendiri. Melihat hal tersebut, akan membantu dan memicu anak muda untuk mencapai financial freedom atau kebebasan finansial. 

Pengaruh Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi digital sangatlah cepat. Disamping itu, informasi semakin melimpah dan teknologi sebagai media untuk membagikan informasi sangatlah efektif sehingga informasi cepat tersebar. Selain hal tersebut, dapat ditemukan banyaknya dukungan aplikasi yang dikembangkan. Hal tersebut secara tidak langsung berdampak pada generasi muda untuk mengenal pentingnya pengelolaan keuangan. Pada usia yang muda, mereka akan memperhatikan kondisi keuangannya sendiri. Melihat perkembangan teknologi tersebut mampu membuat generasi anak muda mengakselerasi untuk mencapai kebebasan finansial atau dikenal juga financial freedom. Mereka akan terpantik untuk memulai investasi sejak dini.

Secara tidak sadar, anak muda akan terpanggil untuk memulai melaukan perencanaan keuangannya mengikuti kebutuhan dan situasi yang terjadi.

financial freedom
Perencanaan keuangan yang baik marupkan langkah awal mencapai financial freedom

Apa itu Kebebasan Finansial atau Financial Freedom?

Financial freedom merupakan kondisi yang diimpikan oleh banyak orang. Kondisi tersebut merupakan kondisi dimana seseorang sudah memiliki kekayaan yang mencukupi kebutuhan dasar dan mampu memenuhi kebutuhan lainnya. Mereka biasanya akan memiliki aset dengan nilai kekayaan yang besar atau penghasil pasif, sehingga seseorang bebas melakukan sesuatu tanpa mengkhawatirkan segi keuangannya. Tentunya kondisi tersebut sangat didambakan oleh banyak orang. Perlu usaha yang tidak mudah untuk dapat memiliki kebebasan secara finansial.

Baca Juga:  Pentingnya Investasi Sejak Dini

Tahapan menuju Kebebasan Finansial atau Financial Freedom

Untuk berada di tahap memiliki kebebasan finansial, maka orang tersebut sudah melewati tahap finansial yang stabil atau dikenal juga financial stability. Kondisi keuangan Anda sudah stabil, kebutuhan dasar terpenuhi dan dapat melakukan investasi. Tahap selanjutnya adalah financial independency, yaitu Anda sudah mampu berinvestasi tanpa mengganggu kebutuhan sehari-hari dan tidak mengandalkan orang lain. Jika Anda telah sukses melalui tahap tersebut, dan jika Anda sampai ditahap dimana kekayaan Anda melimpah dan tidak memiliki beban atau tidak khawatir untuk mememuhi kebutuhan dasar dan memenuhi keinginan selain kebutuhan dasar, Anda akan berada di tahap financial freedom.

Sumber: dari berbagai sumber

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*