Aset Kripto sebagai Intangible Asset

Aset Kripto

Aset Kripo sebagai Intangible Asset – kolonginfo.com. Aset Kripto sebagai Aset tidak berwujud (Intangible asset) merupakan salah jenis aset yang di diasosiasikan sebagai lawan dari aset berwujud. Apakah cryptocurreny merupakan aset tidak berwujud atau intangible asset. Artikel ini akan membahas lengkap tentang kaitan aset kripto dengan pengertian intangible asset.

Intangible Asset

Intangible asset adalah sumber daya yang sifatnya bukan fisik/berwujud, namun masih mempunyai nilai jangka panjang bagi perusahaan atau bisnis. Suatu aset mempunyai nilai keuangan jangka panjang. Meskipun tidak bisa dilihat atau disentuh, namun aset tidak terwujud tersebut tetap berdampak signifikan pada nilai bisnis.

Karakteristik Intangible Asset

Secara umum sobat kolonginfo.com dapat menentukan dengan melihat karakteristik intangibles yaitu tidak berwujud dan namun tetap dapat bisa diidentifikasi.

Sifat Tidak Berwujud

Aset tidak berwujud adalah asetnya tidak berbentuk fisik. Contohnya, sertifikat hak paten. Dalam hal ini, yang dimaksud aset bukanlah sertifikatnya, meskipun itu adalah bukti yang sah, melainkan kekayaan intelektual, dalam hal ini, hak paten yang merupakan aset tidak berwujud.

Aset Kripto (Crypto Asset) adalah Komoditi tidak berwujud yang berbentuk digital, menggunakan kriptografi, jaringan informasi teknologi, dan buku besar yang terdistribusi, untuk mengatur penciptaan unit baru, memverifikasi transaksi, dan mengamankan transaksi tanpa campur tangan pihak lain.

Bisa Diidentifikasi

Aset tidak berwujud harus bisa diidentifikasi. Terdapat 2 komponen untuk diidentifikasi, yaitu bahwa aset tersebut berasal dari hak hukum dan aset bisa dijual atau dialihkan dengan haknya sendiri.

Kesimpulan

Berdasarkan uraian sebelumnya, dapat dianggap bahwa aset kripto merupakan termasuk aseti tidak terwujud atau intangible asset. Di Indonesia saat ini pun mulai muncul regulasi-regulasi yang mengatur komoditas kripto, seperti diterapkannya pajak transaksi jual beli cryptocurrency.

Baca Juga:  Serangan DarkSide Ransomware, Pengertian dan Pencegahan

Selain itu platform exchange cryptocurrency yang legal izin Bappebti juga sudah beberapa dapat ditemukan, sobat kolonginfo.com dapat baca disini.

Sumber: pintu.com; paralegal.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*