Teknologi Blockchain Pengertian, Cara Kerja dan Manfaat

cryptocurrency

Teknologi Blockchain, Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya kolonginfo.com. Teknologi blockchain bukanlah istilah asing dalam bidang investasi sekarang ini. Mengapa begitu, karena teknologi ini cukup banyak mempengaruhimasyarakat. Sekarang banyak orang yang tertarik untuk mencoba peruntungan bisnis pada bidang teknologi tersebut.

Pengertian Teknologi Blockchain

Blockchain adalah kamus besar digital sebuah teknologi, dimana teknologi tersebut dibuat untuk dijadikan sebuah penyimpanan digital. Istilah blokchain pun juga berhubungan dengan istilah-istilah baru seperti pada cryptocurrency ataupun seperti bitcoin. Karena, bitcoin merupakan jenis mata uang dari kripto serta beberapa mata uang lainnya pada teknologi ini.

Pengertian teknologi blockchain diambil dari pengertian katanya yaitu blockchain memiliki dua unsur kata block dan chain. Sehingga, pengertiannya dari dua kata tersebut adalah rantai kelompok dimana penggunaannya dalam membentuk kelompok adalah menggunakan system computer.

Cara Kerja Blockchain

Anda perlu mengetahui cara kerja teknologi blockchain ini secara lengkap, jika sudah mulai paham mengenai pengertian dan manfaatnya. Dimana cara kerja dari blockchain ini adalah:

1. Menyimpan Data Baru

Blockchain merupakan kumpulan data-data, sehingga akan tersimpan banyak data baru didalamnya pada tujuan tertentu. Hal ini merupakan langkah untuk cara kerja berikutnya. Sehingga, langkah awal dari cara kerja blockchain adalah mengumpulkan dan menyimpan banyak data baru dan dikelompokkan.

Baca Juga:  Jenis Cryptocurrency Koin Kripto Paling Populer Zaman Sekarang

2. Membentuk Jaringan Rantai

Berdasarkan cara kerja sebelumnya maka semua data baru yang tersimpan dibentuk sebuah kumpulan yang membentuk rantai jaringan. Dimana terdapat dua record yaitu transaksi dan block.

3. Membentuk Hash Kriptografi

Data yang terkumpul membentuk rantai kelompok pada sistem blockchain juga akan membentuk hash kriptografi yang memang akan membentuk jaringan-jaringan tersebut.

4. Hash Kriptografi Mengubah Data

Jika hash kriptografi sudah terbentuk, maka system tersebutĀ akan mengambil serta mengubah data-data tersebutĀ  menjadi compact string.

5. String Berubah jadi Alarm

Setelah diubah menjadi compact string, maka setelah itu string akan dijadikan alarm untuk mencegah para peretas masuk untuk membobol pertahanan data-data tersebut. Teknologi blockchain ini juga memiliki bersifat desentraliasai, sehingga tidak menjadi otoriter atau tidak dipegang oleh perusahaan atau pihak tertentu.

Manfaat Blockchain

Bicara mengenai manfaat,teknologi blockchain, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan bagi orang-orang yang melakukannya. Diantaranya adalah :

1. Manfaat Finansial

Masalah finansial adalah masalah utama yang berhubungan dengan sebuah investasi. Termasuk untuk teknologi yang berhubungan investasi digital ini. Oleh karena itu, manfaat utama yang dapat dinikmati adalah manfaat finansial.

2. Teknologi Bebas Akses

Sebagai pengguna blockchain, pastinya Anda akan merasakan teknologi bebas akses yang bisa diterima. Karena dalam penggunaan blockchain Anda bisa bebas mengakses teknologi tersebut.

3. Proteksi Data Sangat Aman dan Canggih

Karena blockchain merupakan kumpulan data-data maka yang bisa dirasakan adalah proteksi data yang sangat aman. Selain itu, teknologi terbaru ini juga memanfaatkan system keamanan yang juga sangat canggih. Sehingga, tidak perlu takut diretas atau dibobol.

4. Meminimalisir Potensi Kesalahan

Dengan menggunakan system teknologi yang canggih dan keamanan yang terjamin, maka Anda bisa meminimalisir kesalahan yang terjadi dalam system.

Baca Juga:  Pengertian DeFi (Decentralized Finance), Investasi Kripto

5. Sistem Transparan

Teknologi dengan sistem yang tarnsparan merupakan teknologi yang diinginkan banyak orang. Apalagi teknologi ini berhubungan dengan investasi dan finansial, sehingga sangat dibutuhkan transparansi dalam bertransaksi.

Bisa dilihat semua yang berhubungan dengan teknologi blockchain sudah terangkum dengan sangat jelas. Sehingga, bagi Anda yang tertarik untuk mencoba investasi yang berhubungan dengan teknologi terkini seperti ini sudah bisa dilakukan dari sekarang.

Terdapat beberapa broker di Indonesia yang dapat dipilih seperti tokocrypto, indodax, dan pintu jika teman-teman ingin melakukan investasti cryptocurrency. Jika teman-teman ingin mendaftar tokocrypto, silahkan dapat menggunakan id referensi ini atau baca artikel ini untuk mendapatkan komisi 20%.

Diolah dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*