6 Langkah Cara Membuat Trading Plan dengan Mudah

6 Langkah Cara Membuat Trading Plan dengan Mudah

Cara Membuat Trading Plan – Kolonginfo.com. Belakangan ini saham sedang digandrungi oleh masyarakat luas, khususnya masyarakat modern. Bahkan ada yang menjadikannya sebagai pekerjaan utama atau mata pencaharian utama. Bahkan jika Anda tidak langsung bekerja dan hanya tinggal di rumah, perdagangan saham online bisa sangat bermanfaat.

Akhirnya banyak orang yang mulai terjun ke dunia saham. Namun, beberapa orang terjun langsung ke dunia saham tanpa persiapan yang matang. Karena ternyata orang pintar harus banyak melakukan persiapan jika ingin mulai berinvestasi saham.

Pengertian cara membuat trading plan
trading plan

Pengertian Cara Membuat Trading Plan

Rencana perdagangan saham adalah kegiatan perencanaan sebelum melakukan perdagangan saham. Saat mengembangkan rencana perdagangan saham, Anda dapat menyusun atau mencantumkan komponen penting sebagai “kompas” saat membeli atau menjual saham.

Sayangnya, terlepas dari pentingnya, banyak investor tidak memiliki rencana untuk berdagang. Perdagangan saham hanyalah iseng-iseng.

FOMO (fear of missing out) sudah menjadi fenomena di kalangan anak muda. Hal-hal termasuk investasi atau perdagangan saham. Takut kehilangan atau tertinggal, maka pilihlah jalan bergabung.

Itu karena mereka bingung dan tidak tahu harus berbuat apa dan bagaimana cara trading saham. Akibatnya, biasanya hanya mengikuti.

Gaya tindak lanjut ini membuatnya berbahaya. Banyak perbincangan di media sosial tentang keunggulan A-shares, sehingga mudah untuk membeli saham.

Bergabung dengan perdagangan saham dapat menjerumuskan Anda ke jurang terdalam. Bukan untung, atau malah rugi atau rugi. Ini akan terjadi pada investor tanpa rencana perdagangan.

6 Langkah Cara Membuat Trading Plan
Cara Membuat Trading Plan

6 Langkah Cara Membuat Trading Plan

Banyak trader pemula memiliki rencana trading tetapi gagal mengimplementasikannya. Faktor utamanya adalah kurangnya disiplin dalam rencana yang sudah ada dan rentannya aktivitas pemompaan stok di berbagai media.

Baca Juga:  Binance Referral Code : Earn 5% Commission on Trading Fees for Life! (2021 and 2022)

Berikut adalah beberapa tips untuk mengembangkan rencana perdagangan saham yang dapat membantu Anda membuat rencana perdagangan saham yang tepat.

Tentukan kerangka waktu perdagangan.

Apakah Anda ingin berdagang harian, mingguan, atau menjadi calo? Jika Anda memilih untuk scalping dan trading mingguan, tidak apa-apa, tapi jangan lupa untuk membagi dana Anda. Untuk pemula, trading harian disarankan, selama sekitar 2 hari – 1 minggu. Tujuannya agar Anda belajar lebih banyak tentang analisis teknis dan mempelajari pergerakan pasar. Dengan cara ini, Anda bisa lebih sensitif.

Perencanaan modal dan manajemen modal.

Modal pemula yang direkomendasikan adalah di kisaran Rp 1.000.000 – Rp 1.500.000. Jangan lewati itu. Setelah itu, rencanakan untuk memiliki hingga 3 portofolio. Jangan pernah menggunakan 100% dana Anda untuk membeli saham.

Siapkan portofolio pilihan.

Coba pilih portofolio saham LQ45. Anda harus memilih saham untuk diperdagangkan. Tujuannya agar Anda tidak mudah terjebak dalam saham yang tidak likuid.

Siapkan indikator yang cocok.

Setiap metrik yang digunakan orang lain mungkin tidak cocok untuk Anda. Oleh karena itu, Anda harus mulai dengan trial and error, mencoba indikator yang cocok dan cocok untuk trading.

Tentukan batas take profit dan stop loss.

Cara membuat trading plan berikutnya pada saat Anda akan membeli saham, Anda pasti sudah tahu kapan harus take profit dan kapan harus stop loss.

Disiplin dan Konsistensi.

Ini adalah bagian tersulit untuk dicapai. Jika Anda membeli saham, Anda menetapkan take profit 5%, dan kemudian harga tiba-tiba naik 5%, langsung mengambil profit. Itulah yang dimaksud dengan disiplin dan konsistensi.

Kesimpulan

Baik trader maupun investor harus memiliki rencana trading saham sebelumnya untuk menentukan strategi yang tepat. Tujuannya adalah untuk membuat keuntungan besar dengan risiko minimal.

Baca Juga:  Langkah Kecil Agar Bebas Finansial Di Usia Muda!

Dalam dunia investasi, Cara membuat trading plan atau cara mengembangkan trading plan tidak hanya berlaku untuk saham, tetapi juga bagaimana mengembangkan trading plan untuk Forex, cryptocurrency, dan investasi lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*