Pengertian Aset Digital dan Panduan Untuk Pemula

Investasi

Pengertian Aset Digital dan Panduan Untuk Pemula kolonginfo.com. Walaupun bukan istilah baru dalam bidang perekonomian dan digital, tapi aset digital memang merupakan sebuah istilah yang sedang populer. Dimana pengertiannya adalah segala sesuatu yang ada pada data biner dan berdiri sendiri, dapat diidentifikasi dengan cara unik serta bisa digunakan.

Diketahui bahwa yang disebut dalam digital aset ini adalah cryptocurrency. Karena keduanya merupakan sebuah komoditas yang memiliki nilai jual beli tapi tidak berwujud. Fungsi keduanya bisa sebagai trading dan juga sebagai media investasi yang memiliki penyimpanan nilai.

Faktor Penting Sebuah Investasi Disebut Aset Digital

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa bitcoin dan cryptocurrency merupakan bentuk dari aset digital.  Mengapa demikian, karena keduanya memiliki beberapa faktor berikut:

Stabilitas Harga

Memiliki harga merupakan ciri dan faktor terpenting dalam sebuah aset yang dikatakan digital. Dalam investasi cryptocurrency memiliki harga yang fluktuatif sehingga perlu analisis fundamental, teknikal, dan sentimen pasar.

Tingkat Permintaan

Dengan disebut sebagai sebuah aset yang digital sudah dipastikan bahwa tingkat permintaan selalu tinggi. Beberapa tahun ini investasi crytocurrency sedang naik daun, harga koin atau token pun mengalami kenaikan.

Kemananan

Keamanan data sebagai sebuah investasi membuat media investasi ini memiliki keamaman yang juga terjamin. Salah satu latar belakang teknologi cryptocurrency adalah karena alasan keamanan yang terjamin, dengan layanan blockchain suatu ekosistem koin tertentu misalnya koin ethereum yang menawarkan fitur smart contract.

Baca Juga:  Langkah Kecil Agar Bebas Finansial Di Usia Muda!

Likuiditas

Faktor berikutnya adalah likuiditas, yang merupakan faktor yang wajib ada pada aset digital. Pada cryptocurrency tentunya aspek ini harus dimiliki oleh koin atau token.

Terdesentralisasi

Terakhir adalah faktor terdesentralisasi. Salah satu aspek dalam aset digital seperti cryptocurrency adalah tidak terdesentralisasi dalam melakukan transaksi pembayaran.

Dengan adanya faktor-faktor penting tersebut membuat perkembangan aset digital cukup cepat. Semuanya juga dibantu oleh teknologi yang dinamakan blockchain yang menjadi inti dari semua investasi tersebut. Dengan begitu, aset-aset yang dimiliki juga berkembang dengan pesat sesuai harapan.

Jenis Aset Digital Crypto

Sebagai sebuah investasi digital, ada beberapa jenis aset digital yang perlu Anda ketahui. Karena jenis-jenisnya ini berhubungan dengan pilihan investasi yang akan diambil. Salah satu jenis digital aset ini adalah crypto, dan aset ini memiliki beberapa jenis lagi yaitu:

Aset Penyimpanan Nilai

Jenis pertama ini dari digital aset ini berhubungan erat dengan crypocurrency, dimana ada dua istilah yang sangat terkait yaitu bitcoin dan litecoin. Store of valuenya adalah aset yang nilainya masih tetap bertahan tapi harganya tidak turun. Bentuk aset ini pun mirip dengan manfaat emas, yaitu suatu investasi yang disimpan dengan tujuan untuk mempertahankan dan menaikkan nilai aset.

Token Utilitas

Berikutnya adalah token utilitas, yaitu aset yang memiliki fungsi penyimpanan nilai lebih luas lagi. Tujuan dari aset yang satu ini adalah sebagai crowfunding. Bukan dijadikan sebagai investasi tapiĀ  lebih kepada pembiayaan proyek dari crypto serta bisa berfungsi untuk membeli barang dan jasa yang ditawarkan oleh penerbit/developer token itu.

Sebagai contoh kecil adalah salah satu pengembang game yang mengeluarkan jenis token utilitasnya agar dibeli investor untuk membeli produk-produk game tersebut. Token seperti ini sangat bermanfaat bagi para gamers, karena bisa memudahkan transaksi dalam bermain dibandingkan harus melalui sistem perbankan.

Baca Juga:  Modus Kejahatan Crypto, Waspadai!

Token Sekuritas

Terakhir adalah aset yang disebut dengan token sekuritas, yaitu sebuah token yang bisa dijadikan sebuah investasi yang dibeli oleh seseorang yang mengharapkan nilai token akan naik dan meningkat karena hal-hal yang dilakukan oleh pengelola token. Artinya, token ini berpatokan pada aset sekuritas tertentu.

Itulah beberapa jenis aset digital cryptocurrency yang bisa diandalkan dalam hal penyimpanan nilai investasi. Dengan teknologi digital yang sudah super canggih membuat semuanya menjadi lebih mudah dalam bertransaksi. Selain itu, dengan teknologi blockchain juga bisa membantu semua kegiatan tersebut dilakukan langsung tanpa perantara.

Investasi Cryptocurrency

Investasi yang sedang naik daun, yaitu investasi kripto. Investasi ini high risk high return. Untuk mengetahui lebih jauh investasi kripto, seperti definisi, tips, keamanan dll, admin bahas dalam kategori tersendiri. Baca juga artikel terkait investasi kripto. Teman – teman akan mendapatkan info fakta cryptocurrency lainnya, cara bagaimana melakukan investasi cryptocurrency dan komisi jika menggunakan id referensi yang admin bagikan

Demikian yang dapat admin bagikan untuk sobat kolonginfo. Semoga bermanfaat

Diolah dari berbagai sumber

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*