8 Jenis Kompetensi Manajerial Bagi Seorang Pemimpin Perusahaan

Aplikasi rapat online

8 Jenis Kompetensi Manajerial – kolonginfo.com. Kompetensi manajerial adalah pengetahuan keterampilan dan sikap atau perilaku yang dapat diamati diukur di kembangan untuk memimpin dan atau mengelola unit organisasi. Kompetensi ini diperlukan baik bagi seorang CPNS, ASN, PNS, PPPK, atau pegawai. PermenpanRB nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara.

Definisi Kompetensi Manajerial

Kompetensi manajerial adalah pengetahuan keterampilan dan sikap atau perilaku yang dapat diamati diukur di kembangan untuk memimpin dan atau mengelola unit organisasi.

Kompetensi teknis digabungkan dengan kompetensi manajerial menjadi modal penting untuk keberhasilan pelaksanaan tugas.

Jadi kompetensi manajer yang merupakan kebutuhan bagi setiap pemimpin untuk mendorong peningkatan kinerja yang juga merupakan kebutuhan bagi setiap pegawai untuk mendorong peningkatan kinerja.

Apa saja kompetensi manajerial menurut Permenpan 38/2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara. Unduh peraturan Permenpan 38 tahun 2017. Berikut merupakan ke 8 kompetensi manajerial yang akan di urai satu persatu pada halaman berbeda.

Integritas

Integritas adalah konsisten berperilaku selaras dengan nilai, norma dan/atau etika organisasi, dan jujur dalam hubungan dengan manajemen, rekan kerja, bawahan langsung, dan pemangku kepentingan, menciptakan budaya etika tinggi, bertanggungjawab atas tindakan atau keputusan beserta risiko yang menyertainya

Kerja Sama

Kerja sama adalah kemampuan menjalin, membina, mempertahankan hubungan kerja yang efektif, memiliki komitmen saling membantu dalam penyelesaian tugas,dan mengoptimalkan segala sumberdaya untuk mencapai tujuan strategis organisasi.

Komunikasi

Komunikasi adalah kemampuan untuk menerangkan pandangan dan gagasan secara jelas, sistematis disertai argumentasi yang logis dengan cara-cara yang sesuai baik secara lisan maupun tertulis; memastikan pemahaman; mendengarkan secara aktif dan efektif; mempersuasi, meyakinkan dan membujuk orang lain dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

Baca Juga:  Unduh Logo HUT RI 75 Resmi

Orientasi Pada Hasil

Orientasi pada hasil adalah kemampuan mempertahankan komitmen pribadi yang tinggi untuk menyelesaikan tugas, dapat diandalkan, bertanggung jawab, mampu  secara sistimatis mengidentifikasi risiko dan peluang dengan memperhatikan keterhubungan antara perencanaan dan hasil, untuk keberhasilan  organisasi.

Pelayanan Publik

Pelayanan publik adalah kemampuan dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kegiatan pemenuhan kebutuhan pelayanan publik secara profesional,  transparan, mengikuti standar pelayanan yang objektif, netral, tidak memihak, tidak diskriminatif, serta tidak terpengaruh kepentingan pribadi/ kelompok/  golongan/ partai politik.

Pengambangan Diri dan Orang Lain

Pengembangan diri dan orang lain adalah kemampuan untuk meningkatkan pengetahuan dan menyempurnakan keterampilan diri; menginspirasi orang lain untuk mengembangkan dan  menyempurnakan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan dan pengembangan karir jangka panjang, mendorong  kemauan belajar sepanjang hidup, memberikan saran/bantuan, umpan balik, bimbingan untuk membantu orang lain untuk mengembangkan  potensi dirinya.

Mengelola Perubahan

Mengelolan perubahan adalah kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan situasi yang baru atau berubah dan tidak bergantung secara berlebihan pada metode dan  proses lama, mengambil tindakan untuk mendukung dan melaksanakan insiatif perubahan, memimpin usaha perubahan, mengambil tanggung  jawab pribadi untuk memastikan perubahan berhasil diimplementasikan secara efektif.

Pengambilan Keputusan

Kemampuan membuat keputusan yang baik secara tepat waktu dan dengan keyakinan diri setelah mempertimbangkan prinsip kehati-hatian,  dirumuskan secara sistematis dan seksama berdasarkan berbagai informasi, alternatif pemecahan masalah dan konsekuensinya, serta  bertanggung jawab atas keputusan yang diambil.

Penutup

Sebelum anda menjadi seorang pemimpin dari pekerjaan Anda, anda harus mampu menguasai 8 jenis kompetesin manajerial diatas. Tidak hanya kompetensi manajeril saja yang perlu di kuasai, namun juga kompetensi teksis serta kompetensi sosial kultural.

Baca Juga:  Cara Cepat Mapan Finansial Yang Harus Kamu Coba

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*