Metasistem Identitas (Identity Metasystem), Mengenal Kegunaannya

Identity metasystem

Mengenal Kegunaan Metasistem Identitas atau Identity Metasystem – kolonginfo. Banyak permasalahan yang dihadapi pada teknologi Website salah satu diantaranya adalah menyangkut keamanan identitas. Kebutuhan keamanaan pengguna internet menjadi hal yang dipertimbangkan. Teknologi Microsoft “InfoCards” dan Identity Metasystem adalah ditujukan untuk mengisi gap yang mana mendukung kemampuan kepada pengguna, pengguna dapat mengendalikan interaksi identitas mereka di internet/website [1].

Penggunaan identitas secara online akan meningkat seiring makin meningkatnya kebutuhan akses internet oleh masyarakat. Tantangan utama adalah peningkatan keamaanan autentikasi identitas pengguna yang dapat dilakukan di berbagai sistem komputer lain [2].

Oleh karena itu, sistem keamanan informasi sangatlah penting dan perlu untuk diketahui.

“InfoCards” dan Identity Metasystem

Teknologi InfoCards milik Microsoft memberikan kontribusi kepada industri komputer dalam hal memberikan solusi menyangkut permasalah autentikasi pada Web. Hasil dari upaya Microsoft dikenal juga sebagai Identity Metasystem. Identity Metasystem mengandung himpunan prinsip yang disebut “Laws of Identity”.

Dalam metasystem mengandung identitas digital. Setiap user mempunyai claims atau property masing-masing, seperti claims untuk driver’s license maka mengandung claims, nama, alamat, golongan darah, jenis kelamin, status dan lain-lain. Setiap dari identitas digital dari user direpresentasikan sebagai “Information Card” pada antarmuka pengguna milik client [3].

Dalam dunia nyata orang dapat menggunakan identitas mereka dalam banyak aktivitas. Orang mampu mengendalikan kartu identitas (credit card, driver license) mereka atau seberapa banyak informasi yang diberikan dalam suatu situasi.

Mirip seperti Identity Metasystem yang mempermudah pengguna tetap aman dalam kendali ketika mengakses sumberdaya di internet. Metasystem menyediakan identitas dari satu sistem identitas untuk digunakan oleh sistem lain baik sistem tersebut menggunakan teknologi yang sama atau berbeda [1].

Baca Juga:  Belajar Investasi Kripto, Kenali Potensi Kejahatan

Perbandingan Infocard dengan Identity Metasystem

InfoCards memiliki beberapa kelebihan dari kepercayaan username/password [1], yaitu:

  1. Karena tidak ada password yang diketik atau dikirim, maka password tidak akan dicuri atau terlupakan.
  2. Karena autentifikasi berdasarkan pada kunci unik yang dihasilkan untuk setiap InfoCard/bagian site, kunci yang diketahui oleh satu site tidak akan dapat digunakan untuk autentifikasi pada site lainnya, meskipun untuk InfoCard yang sama.
  3. Karena InfoCards dapat mengeluarkan hak untuk mempercayakan parties (sebagai contoh: nama, alamat, alamat email, dan/atau apapun yang menyatakan jenis identitas), hal ini berarti mempercayakan parties tidak perlu menyimpan data di antara sesi. Menyimpan lebih sedikit data berarti bahwa site memiliki potensi lebih sedikit untuk mudah kena diserang.

Identity Metasystem dibangun pada nomor kecil protokol interoperable Web Services (WS-*). Secara rinci, enkapsulasi protokol yang digunakan untuk menyatakan transformasi dalam Metasystem adalah WS-Trust. Format dan tuntutan negosiasi antara participants dihubungkan menggunakan WS-MetadataExchange dan WS-SecurityPolicy. Terakhir, pesan dilindungi oleh WS-Security.

Microsoft bekerja dengan inovatif sejak 2004 dalam Identity Metasystem dan membangun interoperable implementations. Microsoft mengakui agar Identity Metasystem sukses, maka Identity Metasytem harus dapat digunakan secara luas, mencakup platform non-Windows, browser non-Microsoft dan web server non-Microsoft.

Kesimpulan

Seiring dengan perkembangan teknologi Internet dan makin meningkatnya tingkat kriminal online penggunaan identity metasystem atau sistem terkait mengalami dituntut untuk meningkatkan keamanan privacy [2].  Terjadi evolusi dalam penggunaan online identity, disamping meningkatkan keamanan namun tetap memperhatikan kemudahan bagi pengguna internet/ website dalam melakukan autentikasi.

Identity Metasystem menyediakan penyatuan struktur digital identity, dengan memanfaatkan sistem identitas yang sudah ada atau yang akan dibuat, dengan menyediakan interoperabilitas di antara keduanya, dan memungkinkan pembuatan user interface yang konsisten dan berterus terang untuk seluruhnya.

Baca Juga:  Kelemahan Jaringan Wifi

Penyebaran Identity Metasystem secara meluas memiliki potensi untuk menyelesaikan permasalahan online, menguntungkan semua orang dan meningkatkan pertumbuhan internet jangka panjang dengan membuat dunia online lebih aman, terpercaya, dan mudah digunakan. 

Demikian ulasan terkait identity metasystem, sahabat kolonginfo sekira perlu tahu. Baca artikel rekomendasi lainnya.

Referensi

[1] M. B. Jones, “The Identity Metasystem : A User-Centric , Inclusive Web Authentication Solution,” no. March, 2006.
[2] O. S. Saydjari and V. Varadharajan, “The Evolution of Online Identity,” IEEE Secur. Priv., vol. 7, no. 5, pp. 56 – 59, 2009.
[3] R. Oppliger, S. Gajek, and R. Hauser, “Security of Microsoft ’ s Identity Metasystem and CardSpace,” in Communication in Distributed Systems (KiVS), 2007, pp. 1–12.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*