Pentingnya Security Awareness atau Kesadaran Keamanan Informasi

Darkside Ransomware

Pentingnya Security Awareness atau Kesadaran Keamanan – www.kolonginfo.com. Saat ini kasus pencurian data bisa terjadi tanpa kita sadari. Pentingnya kesadaran keamanan juga perlu diterapkan sedini mungkin guna menghindari hal-hal yang tidak diharapkan yang bisa saja menjadi kerugiaan material atau non material.

Pentingnya Security Awareness

Kasus Bjorka adalah bukti bahwa pencurian data masih dapat terjadi di Indonesia. Perlu upaya pencegahan dari sisi user/pengguna. Sobat kolonginfo dapat menerapkan beberapa langkah untuk mencegah pencurian data di sekitar kita.

Security awareness atau kesadaran keamanan adalah langkah awal guna menghindari hal-hal yang merugikan. Terkadang perilaku/habit tanpa sadar menjadi celah bagi hacker/orang yang tidak diharapkan menggunakan data kita. Kita perlu bijak dalam menggunakan perangkat elektronik.

Langkah Keamanan Informasi yang dapat Dilakukan

Beberapa hal yang perlu dipahami atau upaya dalam meningkatkan security awareness atau keamanan informasi yang dapat dilakukan untuk menghindari menjadi korban hacker:

  1. Waspadalah ketika ada orang asing yang menghubungi Anda dengan urgensi tinggi, mendesak, dan mengintimidasi sobat www.kolonginfo.com untuk melakukan suatu hal. Sobat perlu berpikir jernih tidak panik. contoh kasus adalah telp penipuan jika ada kerabat dekat kita mengalami kecelakaan lalu meminta uang bantuan untuk segera transfer ke suatu rekening.
  2. Modus penipuan dengan menawarkan/berkedok hadiah. Sobat bisa saja dimintai informasi profil sobat yang nanti bagi para hacker adalah langkah awal dalam menggali lebih dalam tentang informasi.
  3. Ransomware yang meningkat seiring dengan meningkatkan pekerja yang bekerja secara WFH. Penggunaan device untuk bekerja secara remote perlu dipastikan aman dari malmware.
  4. Iklan popoup atau email yang tidak diketahui yang menjadi celah untuk menanamkan walmware atau phising.
  5. Email yang tidak diketahui yang meminta untuk meng-klik tautan/link atau mengisi data pribadi (email phising).
  6. Gunakan password yang baik dengan tidak menyantumkan bagian dari profile seperti nama terang, nama orang tua, tanggal lahir. Hal lainnya untuk meningkatkan keamanan password dengan menggunakan kombinasi huruf, angka, dan karakter.
  7. Gunakan akun dengan menggunakan metode two factor authentication (2FA). Penggunaan 2FA saat ini sangatlah penting guna mencegah akses tidak kenal.
  8. Pastikan sistem operasi pada perangkat komputer, mobile phone, aplikasi lainnya telah di perbaharui/update dengan versi terbaru untuk menutup celah keamanan. Developer aplikasi yang baik akan bertanggung jawab dengan melakukan update aplikasi secara berkala.
  9. Pastikan perangkat yang digunakan aman dari orang lain baik keluarga maupun teman untuk menghindari hilang/pencurian data karena kelalaian atau inveksi virus. Bisa saja hacker akan menggunakan hp dari kerabat sobat untuk mencari informasi tentang Anda.
  10. Batasi kegiatan berbagi data pada media sosial untuk mengurangi risiko. Bijaklah dalam berbagi data pribadi, seperti tanggal lahir, nama kecil, foto paket tanpa disensor alamat rumahnya, dll.
  11. Waspada dengan kegiatan berbagi data, gunakan aplikasi berbagi file yang aman. Waspadalah karena kelalaian telah memberikan akses publik ke orang lain untuk mengakses data atau file yang dibagikan.
  12. Gunakan akses internet yang aman. Wifi yang secure dan jika pengguna VPN pastikan bahwa memiliki akses aman.
  13. Peduli dengan hal sederhana, misal penggunana nama terang, alamat, atau no hp yang tecantum pada paket barang yang dikirim ke rumah. Buangan dari paket barang tersebut jika tidak dihilangkan data diri dapat menjadi celah hacker untuk mencuri informasi. Sobat bisa sobek/gunting atau bakar untuk menghilangkan jejak.
Baca Juga:  Kompetensi Manajerial Bagi ASN

Kesimpulan

Beberapa hal tersebut dapat sobat www.kolonginfo.com terapkan guna mencegah pencurian data. Pentingnya kesadaran keamanan juga perlu diterapkan sedini mungkin guna menghindari hal-hal yang tidak diharapkan yang bisa saja menjadi kerugiaan material atau non material. Admin juga telah beberapa kali membahas artikel terkait keamanan informasi dan dapat sobat baca dalam menu khusus keamanan informasi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat www.kolonginfo.com.

Sumber referensi: Diolah dari berbagai sumber

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*