Apa itu Dusting Attack atau Serangan Dusting

Darkside Ransomware

Apa itu Dusting Attack atau Serangan Dusting – kolonginfo.com. Dusting Attack adalah metode peretasan yang dilakukan dengan mengirimkan sejumlah kecil aset kripto sebagai pelacak sehingga pemilik wallet tidak menyadari. Peretas menunggu saat yang tepat untuk mencuri aset.

Pendahuluan

Sudah terdapat beberapa atau modus kejahatan yang terjadi dalam investasi crypto. Seyogya sobat kolonginfo.com juga harusnya mewaspadai atau mencegah kejahatan tersebut terjadi pada Anda, sehinga terlepas menjadi korban dari kejahatan investasi crypto. Admin pernah tulis artikel mengenai modus kejahatan di dunia kripto seperti skema ponzi, malmware, cryptojacking, dam cryptominer.

Pada artikel ini membahas tentang serangan dusting attack. Serangan pada aset kripto yang merebak saat ini adalah dusting attack. Serangan ini haruslah diwaspadai mengingat jumlah investor kripto di Indonesia meningkat pesat.

Apa itu Dusting Attack

Dusting Attack adalah metode peretasan yang dilakukan dengan mengirimkan sejumlah kecil aset kripto yang dimisalkan debu (dust) sehingga pemilik wallet tidak menyadari. Karena berjumlah sangat kecil umumnya serangan dusting ini tidak dapat ditransaksikan karena batasan minimal nominal transaksi jual/beli dari bursa atau memiliki nominal tertentu untuk melakukan transaksi.

Aset kecil yang diterima oleh calon korban digunakan sebagai pelacak oleh peretas. Peretas menunggu aset dari korban miliki bernilai besar lalu kemudian diserang/dicuri secara tiba-tiba.

Umumnya peretas melakukan serangan phising yang terkoordinasi, dengan mengindentifikasi alamat transaksi hingga peretas mengetahui informasi pemilik wallet. Jika sobat kolonginfo.com menerima aset kecil secara tiba-tiba, sobat kolonginfo.com haruslah curiga dan waspada.

Langkah Keamanan Dusting Attack

  1. Jangan Gunakan dan Curigai Dust/Aset Yang Kecil
  2. Abaikan Aset Transaksi Kecil Yang Tiba-Tiba Masuk.
  3. Gunakan Wallet Yang Berbeda
    Jika sobat kolonginfo.com ada pemburu air drop, gunakanlah wallet yang berbeda antara wallet khusus airdrop dengan wallet aset utama.
  4. Cek Rutin Saldo Aset Kripo
  5. Hindari Membagikan Alamat Wallet Sembarangan
Baca Juga:  Tokocrypto Referral ID : Earn 20% Commission! 2021 2022

Kesimpulan

Sobat kolonginfo.com harus waspada dengan dusting attack karena serangan ini tidak diketahui oleh pemilik wallet. Pemilik wallet haruslah aware dalam menjaga walletnya serta memantau saldo dari transaksi. Bedakan wallet untuk airdop dengan wallet aset utama untuk menghindari scam airdrop. Semoga artikel bermanfaat bagi sobat kolonginfo.com

Sumber Referensi: coinvestasi.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*