Cara Aman Menyimpan Aset Kripto

Investasi Crypto / Investasi Kripto

Cara Aman Menyimpan Aset Kripto – www.kolonginfo.com. Aset digital rentan sekali terjadi scam atau kejahatan dunia maya seperti pencurian aset. Namun, bukan berarti tidak dapat dilakukan upaya pencegahan. Beberapa strategi dapat kita lakukan agan aset kripto kita lebih aman.

Cara Menyimpan Aset Kripto

Terdapat beberapa strategi investasi kripto/ cryptocurrency untuk menyimpan aset kripto yaitu baik disisi pengguna yang harus aware dalam memiliki menyimpan private key dan seed phrase serta menentukan wallet serta platform exchange yang menyediakan keamanan tinggi. Beberapa tips sebagai berikut:

Pilih Wallet yang Tepat

Wallet khusus menyimpan aset kripto bisa dibagi menjadi dua, yaitu hot wallet dan cold wallet.

Hot wallet merupakan jenis dompet kripto yang berupa suatu platform atau software. Dompet yang satu ini terhubung langsung dengan internet.

Cold wallet adalah jenis penyimpanan aset kripto yang berupa hardware dan tidak terhubung langsung dengan internet. Karena tidak terhubung dengan internet sehingga menawarkan keamanan yang lebih aman.

Multi-Signature

Opsi perlindungan multi-signature bagian dari proteksi keamanan. Dengan multi-signature ini, maka sebuah wallet akan memiliki beberapa kunci pribadi atau private keys.

Aset kripto tidak akan bisa diakses jika kunci pribadi/private keys tersebut tidak lengkap, serta jika terdapat kesalahan pada salah satu atau beberapa kunci.

Pada dasarnya, tiap aset kripto dilengkapi dengan sebuah private key atau seed phrase sebagai perlindungan pertama. Aset kripto hanya bisa diakses oleh mereka yang memiliki private key atau seed phrase tersebut.

Bahkan, disarankan bahwa kunci tersebut disimpan dalam bentuk fisik, seperti catatan pada kertas catanan atau diukir dalam lempeng logan sehingga tidak mudah luntur atau rusak termakan waktu dan kondisi.

Baca Juga:  Token Burn, Pengertian dan Manfaat?

Platform Kripto

Aset digital memang memerlukan perlindungan ekstra. Pemilihan platform exchange kripto juga tidak kalah penting. Biasanya platform tersebut akan meminta pin, password, atau menerapkan multi factor authentication. Beberapa platform exchange di Indonesia yang sudah berizin Bappebti seperti Tokocrypto, Indodax, dan Pintu.

Banyak strategi yang dapat diterpakna untuk menyimpan aset kripto yang aman. Kami juga menyedian kode referral yang dapat digunakan jika hendak berinvestasi di Tokocrypto dengan komisi maksimal 20% [disertai Bukti] dan Pintu

Sumber referensi : tokocrypto