Pentingnya Pengembangan Data Mining di Tahun 2021

Penerapan Data Mining - Mengenal Lebih Dalam Data Mining

Apa yang mendorong pengembangan data mining? Mengapa data mining ini dianggap begitu penting? apa kegunaan data mining?

Dalam beberapa tahun terakhir, alasan yang paling utama mengapa data mining sudah menarik perhatian dunia industri informasi adalah karena sejumlah besar data tersedia dan ada kebutuhan yang meningkat untuk mengubah data ini menjadi informasi dan pengetahuan yang berguna.

Data mining merupakan sebuah kegiatan mengekstraksi atau menambang berbagai pengetahuan dari ukuran data yang besar , dan informasi ini sangat berguna untuk para pengembangan. Menjelang era informasi “Kita hidup di era informasi” adalah kata kunci, tetapi sebenarnya kita hidup di era data.

Beberapa terabyte data mengalir ke jaringan komputer, World Wide Web, dan berbagai perangkat penyimpanan data di hampir semua aspek bisnis, masyarakat, sains dan teknik, kedokteran, dan kehidupan sehari-hari.

Pertumbuhan eksplosif dalam jumlah data yang tersedia adalah hasil dari komputerisasi masyarakat kita dan perkembangan pesat perangkat pengumpulan dan penyimpanan data.

Perusahaan global menghasilkan kumpulan data yang sangat besar, termasuk transaksi penjualan, catatan penjualan, deskripsi produk, promosi penjualan, profil dan kinerja perusahaan, dan umpan balik pelanggan.

Misalnya, toko besar seperti Wal-Mart memproses ratusan juta transaksi setiap minggu di ribuan cabang di seluruh dunia. Praktisi sains dan teknik terus menghasilkan data tingkat PB dari penginderaan jauh, pengukuran proses, eksperimen ilmiah, kinerja sistem, pengamatan teknik, dan pemantauan lingkungan.

Pentinganya penerapan pengembangan data mining

Pengembangan Data Mining Dalam Kehidupan

Tulang punggung jaringan telekomunikasi global membawa lusinan aliran data PB setiap hari. Industri medis dan perawatan kesehatan menghasilkan data dalam jumlah besar dari rekam medis, pemantauan pasien, dan pencitraan medis.

Baca Juga:  Jenis Data Mining, Mengenal Lebih Dalam Mengenai Jenis Data

Miliaran pencarian Web yang telah didukung oleh mesin pencari yang memproses lusinan petabyte setiap hari. Komunitas dan media sosial telah menjadi sumber data yang semakin penting, menghasilkan gambar dan video digital, blog, komunitas online, dan jenis media sosial lainnya.

Sumber yang sudah menghasilkan data yang jumlahnya cukup besar tentu saja tidak akan berhenti. Pertumbuhan yang luar biasa ini, ketersediaan yang tersebar luas, dan data besar telah membawa era kita ke Era Data.

Alat multifungsi yang optimal diperlukan untuk secara otomatis membuka informasi berharga dalam data besar dan mengubahnya menjadi data yang kaya pengetahuan. Tuntutan inilah yang melahirkan data mining. Riset data mining ini masih sangat muda, dinamis dan sangat menjanjikan. Dari era data kita hingga era informasi, data mining akan terus mengambil langkah besar ke depan.

Pengembangan Data Mining – Data Mining mengubah kumpulan data yang awalnya besar menjadi sebuah pengetahuan.

Mesin pencari (seperti Google) menerima ratusan juta kueri setiap hari. Setiap kueri dapat dilihat sebagai transaksi, di mana pengguna mendeskripsikan informasi yang dia butuhkan.

Pengetahuan bermanfaat apa yang dapat dipelajari mesin telusur dari pengumpulan data yang dikumpulkan dari pengguna dari waktu ke waktu? Menariknya, pola tertentu dalam kueri penelusuran pengguna tidak dapat diidentifikasi.

Misalnya, dengan membaca tren flu Google, istilah penelusuran tertentu dapat digunakan sebagai indikator aktivitas flu, sehingga orang-orang yang mencari informasi terkait flu dan mereka yang benar-benar menutup penemuan adalah dibuat di antara penderita flu.

Kueri menggunakan data penelusuran Google terpadu, dan tren flu dapat memprediksi epidemi flu 2 minggu lebih cepat daripada sistem tradisional. Contoh ini menggambarkan bagaimana data mining dapat mengubah kumpulan data besar menjadi wawasan yang dapat membantu mengatasi tantangan global.

Baca Juga:  Tahapan Data Mining. Berikut Ini Untuk Mengolah Data Mining

Kesimpulan

Di era teknologi saat ini, pemberdayaan basisdata merupakan hal yang menarik. Data tidak hanya disimpan, namun diolah untuk mendapatkan informasi guna menjadi informasi dasar untuk mendukung pengambilan keputusan atau keputusan bisnis lainnya.

Data menjadi aset yang berharga. Dengan penerapakan teknik data mining, maka yang tadinya hanya data mentah, akan menjadi alat/senjata dalam mendukung pertumbuhan sebuah perusahaan.

Hasil analisis dari teknik data mining atau pengembangan data mining sangatlah penting dalam suatu perusahaan atau institusi guna menghasilkan keputusan yang valid berdasarkan data.

Hasil analisis atau keluaran dari data mining dapat menunjang daya saing terhadap kompetitor/ perusahaan lainnya.

Itu dia informasi yang bisa kolonginfo.com berikan untuk Anda, semoga informasinya bermanfaat ya!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*