Jenis Data Mining, Mengenal Lebih Dalam Mengenai Jenis Data

Teknik Data Mining – Gunakan Teknik Ini Untuk Mengolah Data

Jenis data mining. Sebagai teknik umum, data mining dapat diterapkan ke semua jenis data selama itu berguna untuk aplikasi target. Bentuk data yang biasa digunakan untuk application mining adalah data dari database, gudang data dan data transaksional.

Penambangan data juga dapat diaplikasikan ke bentuk data lain (contohnya aliran data, data terurut / sekuensial, grafik, dll.). Penambangan data akan terus merangkum jenis data baru yang muncul.

4 Jenis Data Mining Paling Umum

Jenis Data Mining – Data database relasional

Sistem basis data biasanya disebut DBMS, yang terdiri dari sekumpulan data terkait (biasanya disebut basis data) dan sekumpulan program perangkat lunak untuk memproses dan mengakses data.

Program perangkat lunak menyediakan mekanisme untuk bisa menentukan struktur dari database dan penyimpanan (semuanya termasuk keamanan hingga proses distribusi data) Database yang relasional adalah kumpulan dari tabel, dan setiap tabel memiliki nama yang beda dan unik.

Data mining

Setiap tabel terdiri dari atribut (kolom / bidang) dan biasanya menyimpan banyak catatan (baris). Setiap record dalam tabel relasional direpresentasikan sebagai objek dengan kunci unik, dan setiap nilai atribut digunakan untuk mendeskripsikannya.

Model data semantik seperti model data relasional entitas (ER) biasanya digunakan untuk membangun database relasional. Model ER merepresentasikan database sebagai kumpulan entitas dan hubungannya.

Jenis Data Mining – Gudang data

Gudang data adalah kumpulan informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai macam sumber, kemudian disimpan dalam satu rencana, biasanya di satu tempat. Gudang data dibangun melalui proses pembersihan data rutin, integrasi data, konversi data, pemuatan data, dan penyegaran data.

Baca Juga:  Aplikasi Rapat Online Terbaik

Untuk mendukung sebuah keputusan dari sistem, data dalam data warehouse diatur menjadi topik umum (seperti pelanggan, material, pemasok, dan aktivitas). Data yang disimpan berisi informasi tentang sudut pandang historis, seperti informasi ringkasan teknis selama 6-12 bulan terakhir.

Misalnya, alih-alih menyimpan informasi terperinci tentang setiap transaksi, gudang data menyimpan ringkasan transaksi atau ringkasan yang lebih tinggi untuk setiap jenis komoditas di setiap toko, yaitu di tingkat wilayah / regional.

Data warehouse biasanya memiliki struktur model data multidimensi, yang disebut data cube/kubus data. Setiap dimensi bergantung pada sekumpulan atribut dalam struktur tersebut.

Setiap sel menyimpan nilai dari beberapa ukuran agregat seperti jumlah dan penjumlahan. Kubus data menyediakan tampilan multidimensi dari data, dan menyediakan prakalkulasi dan akses cepat ke data inferensi

Jenis Data Mining – Data transaksi

Biasanya, setiap record (baris) dalam database transaksi menyimpan bukti transaksi, seperti pembelian pelanggan, reservasi penerbangan, atau riwayat klik pengguna di jaringan. Jika terjadi sebuah transaksi yang dilakukan secara teknis, biasanya memiliki nomor yang unik.

Biasanya untuk database yang transaksional terdapat tabel tambahan. Tabel tambahan ini biasanya berisi mengenai berbagai informasi yang berkaitan dengan transaksi itu. Diantaranya ada seperti deskripsi untuk barang, informasi mengenai sales dan juga cabang, hingga deskripsi lainnya.

Jenis Data Mining – Jenis Data Lainnya

Selain data-data yang sudah disebutkan tadi seperti data base relasional, data pada warehouse, dan data transaksi, sebenarnya masih banyak sekali data lainnya yang memiliki bentuk struktur lain serta memiliki arti yang semantic lainnya.

Seperti data yang bisa Anda lihat dalam banyak aplikasi yang ada, misalnya data sekuen atau relasi waktu mengenai pergantian stock hingga history sebelumnya. Dan juga data sensor mengenai pengawasan.

Baca Juga:  Pemrograman Dasar R Software

Itu dia yang bisa kolonginfo.com bahas mengenai jenis data yang ada pada data mining, semoga informasi yang disebutkan diatas bisa bermanfaat untuk Anda ya. Terimakasih sudah menyimak informasi ini sampai akhir, sampai jumpa di kesempatan lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*