Pengertian Dan Jenis-Jenis Data Analytics

Pengertian Dan Jenis-jenis Data Analytics

Pengertian Dan Jenis-Jenis Data Analytics – Kolonginfo.com. Data Analytics telah menjadi salah satu hal terpenting dalam kehidupan modern saat ini. Sebagian besar, jika tidak semua, perusahaan, universitas, dan organisasi memerlukan Data Analytics tingkat lanjut untuk menganalisis data yang mereka miliki.Data Analytics membuat banyak hal menjadi lebih mudah. Salah satu keuntungan menggunakan data analytics adalah mendapatkan hasil data yang akurat tanpa memakan waktu yang lama. Mengingat kegunaannya, tidak mengherankan jika analitik data adalah alat terpenting dalam masalah data besar.

Pengertian Data Analytics
Sumber Image: unsplash.com

Pengertian Data Analytics

Data Analytics adalah ilmu yang berhubungan dengan analisis data yang dikumpulkan (data besar), termasuk studi dan analisis data menggunakan perangkat lunak untuk mendapatkan kesimpulan. Penelitian dan penelitian sedang dilakukan pada hal-hal seperti makna dan karakteristik data. Analisis untuk menemukan pola dalam data menggunakan campuran statistik, kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, dan pemrosesan bahasa alami.

Hasil analisis proses sangat bermanfaat bagi perusahaan, universitas, dan organisasi yang menggunakannya. Berkat teknologi analisis data, data yang diperoleh tidak diragukan lagi seakurat analisis manual. Bagi perusahaan, ilmu data sangat mampu meningkatkan efisiensi dan keuntungan serta mengoptimalkan layanan bagi klien mereka.

Jenis-jenis Data Analytics
Sumber Image: unsplash.com

Jenis-jenis Data Analytics

Data Analytics dapat digambarkan sebagai studi mendalam tentang makna dan karakteristik penting dari data yang tersedia untuk mengidentifikasi informasi penting dengan menggunakan metode dan teknik tertentu. Ini adalah bidang interdisipliner yang mencakup bidang ilmu seperti ilmu komputer (ilmu komputer), matematika statistik, ekonomi, psikologi, hukum dan ilmu kognitif lainnya.

Baca Juga:  3 Software Analisis Data Kualitatif Untuk Pemula

Berikut adalah 3 jenis Data Analytics :

.Descriptive analytics

Jenis-Jenis Data Analytics Descriptive analytics adalah proses menganalisis data untuk mendapatkan gambaran umum tentang data yang dikumpulkan. Ini adalah model untuk membantu Anda memahami apa yang terjadi dan mengapa. Contoh analitik deskriptif adalah Google Analytics.

Di Google Analytics, Anda hanya dapat melihat informasi sederhana seperti jumlah pengunjung per satuan waktu, halaman mana yang paling banyak dikunjungi. Analisis deskriptif tidak memprediksi halaman mana yang akan dikunjungi pengguna atau mengapa dia mengunjungi halaman tersebut.

.Predictive analytics

Jenis-Jenis Data Analytics Predictive analytics adalah analisis data yang memberikan hasil prediksi tentang sesuatu yang akan dikaitkan dengan peningkatan daya komputasi dengan kemampuan untuk menjalankan ratusan atau ribuan model dengan cepat dan adopsi teknik prediksi seperti neural networks, random forests dan upport vector machines.

Model-model ini menggunakan data masa lalu dan algoritme prediktif untuk membantu menentukan kemungkinan apa yang akan terjadi selanjutnya.

Contohnya adalah sistem rekomendasi yang digunakan dalam website e-commerce, berdasarkan data tentang pengunjung dan pembelian yang dilakukan, dimungkinkan untuk memperkirakan item mana yang diminati pengguna untuk dibeli. Dalam jenis analitik ini, pembelajaran mesin diperlukan untuk menginterpretasikan data yang dikumpulkan sehingga tidak dapat secara langsung melakukan operasi penjumlahan atau rata-rata, seperti pada analitik deskriptif.

.Prescriptive analytics

Jenis-Jenis Data Analytics Prescriptive analytics adalah proses analitis yang memberikan jawaban atas pertanyaan tentang mengapa sesuatu akan terjadi dan memberikan saran tentang kondisi yang mungkin muncul di masa depan. Kunci untuk analisis preskriptif adalah kemampuan untuk menggunakan data besar, data kontekstual, dan daya komputasi tinggi untuk menghasilkan respons waktu nyata. Karena kemampuan ini, manajemen puncak dalam mengambil keputusan memerlukan analisis preskriptif.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Analisis Data

Dalam proses ini, cukup sulit untuk membuat sistem yang menggunakan command analytics, mengingat algoritma sangat perlu melihat yang tidak terlihat dari hasil analisis, dan juga memperhitungkan semua opsi pengambilan keputusan. Untuk mencapai ini, pembelajaran mesin jelas merupakan suatu keharusan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*