6 Rekomendasi Aplikasi Untuk Data Mining

6 Rekomendasi Aplikasi Untuk Data Mining

6 Rekomendasi Aplikasi Untuk Data Mining – Kolonginfo.com. Data mining adalah proses mendapatkan dan mengumpulkan informasi dan kemudian mengidentifikasinya. Informasi diperoleh dari data yang sangat besar. Dalam data mining mereka sering menggunakan matematika, metode statistik serta kecerdasan buatan.

Selain disebut data mining, proses tersebut juga dikenal sebagai penemuan pengetahuan (mining) dalam database atau KDD, analisis pola, ekstraksi pengetahuan, pengerukan data, arkeologi data, intelijen bisnis, pengumpulan informasi dan sebagainya.

Aplikasi Untuk Data Mining
Sumber Image: unsplash.com

Aplikasi Untuk Data Mining

Untuk membantu dalam Data mining, ada beberapa aplikasi Data mining yang tersedia untuk PC dan laptop dan Anda hanya perlu memilih aplikasi mana yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut adalah beberapa aplikasiData mining yang mungkin menjadi pilihan terbaik Anda untuk membuat Data mining seperti yang kita inginkan.

SAS Data Mining

Sistem Analisis Statistik atau SAS adalah produk dari SAS Institute yang dikembangkan untuk analisis dan manajemen data. Alat ini sangat bagus untuk Data mining, penambangan teks, dan pengoptimalan data.

Anda dapat menggunakannya untuk mengubah atau mengelola data dari berbagai sumber untuk mendukung analisis statistik. Selain itu, salah satu keunggulan lain dari aplikasi data mining ini adalah arsitektur pemrosesan memori terdistribusi yang skalabel.

Weka

Aplikasi Untuk Data Mining Waikato Lingkungan untuk Analisis Pengetahuan (WEKA). Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia data mining, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama aplikasi ini. WEKA memang menjadi salah satu aplikasi data mining yang paling banyak digunakan. WEKA sendiri merupakan singkatan dari Waikato Environment for Knowledge Analysis. Aplikasi ini bekerja dengan menggunakan algoritma machine learning dalam data mining.

Baca Juga:  Metode Dasar Prediksi Data Time Series

WEKA memiliki beberapa fitur unggulan yang menjadikan aplikasi ini salah satu aplikasi data mining terpopuler. Fungsi WEKA sangat membantu dalam mengekstrak informasi yang dibutuhkan dari database. Salah satu fitur WEKA yang terkenal adalah regresi. Fitur ini digunakan untuk memperkirakan atau memprediksi berdasarkan pola yang telah Anda buat.

RapidMiner

RapidMiner adalah salah satu aplikasi Data mining yang paling banyak digunakan. RapidMiner dapat melakukan penambangan teks di mana pengguna dapat memproses teks dan mengekstrak pola. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna juga dapat melakukan pembelajaran mendalam, analitik prediktif, dan pembelajaran mesin. Aplikasi ini juga banyak digunakan untuk berbagai keperluan seperti bisnis, perdagangan, pendidikan, penelitian, pengembangan aplikasi.

Orange

Orange
Sumber Image: orangedatamining

Dalam hal visualisasi data, aplikasi untuk data mining oranye adalah perangkat lunak Data mining dan pembelajaran mesin yang sempurna. Orange menggunakan bahasa pemrograman Python, setiap bagian dari orange disebut widget. Orange menampilkan tabel data dan memungkinkan pengguna untuk memilih fungsi, membaca data, memvisualisasikan item data, dan sebagainya.

Untuk seseorang yang mencari aplikasi yang tidak hanya memiliki fitur lengkap tetapi juga terlihat bagus, Orange adalah pilihan yang tepat. Selain itu, pengoperasian aplikasi ini tidak terlalu sulit, sehingga orang yang baru pertama kali menggunakannya tidak akan terlalu kesulitan.

Datawatch

Aplikasi Untuk Data Mining Datawatch adalah aplikasi yang menawarkan solusi Data mining dan intelijen bisnis. Dengan aplikasi ini Anda dapat fokus pada visualisasi data real-time. Datawatch juga menawarkan alat untuk membangun dan menerapkan sistem pemantauan dan analisis tanpa menulis satu baris kode pun.

Beberapa fitur dan fungsionalitas lain yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah identifikasi anomali perdagangan, analisis skenario alternatif yang memengaruhi kinerja dengan data historis, dan fitur seret dan lepas untuk membuat tampilan data khusus.

Baca Juga:  7 Teknik Data Mining

KNIME

KNIME
Sumber Image: knime.com

KNIME adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat analisis data dan laporan. Secara keseluruhan, KNIME merupakan aplikasi yang digunakan untuk kebutuhan penelitian kefarmasian.

KNIME merupakan software yang bisa direkomendasikan jika Anda ingin mencari aplikasi yang mudah digunakan dengan fitur untuk mempercepat pekerjaan Anda. Ketika seseorang menguasai dan dapat menggunakan fungsionalitas yang disediakan oleh KNIME, pekerjaan mereka akan lebih mudah dan lebih cepat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*