Memahami Teknik Analisis Data Kualitatif

Mengenal Teknik Analisa Data Kualitatif

Kolonginfo.com – Memahami berbagai jenis teknik analisis data kualitatif tentu diperlukan bagi siapa saja yang ingin dan sedang melakukan penelitian kualitatif. Kegiatan penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa tentunya sangat dekat dengan kegiatan analisis data. Analisis data bertujuan untuk dapat mengolah kumpulan data menjadi informasi yang dapat dipahami.

Dalam kegiatan penelitian tentunya akan diperoleh data yang banyak. Data ini diperoleh dengan beberapa cara. Mulai dari observasi terhadap subjek penelitian, wawancara dengan subjek penelitian, data dari buku penelitian, dll. Untuk menarik kesimpulan, tentu saja perlu untuk menganalisis semua data ini.

Proses analisis data kemudian menggunakan teknik khusus. Hal ini memudahkan untuk menarik kesimpulan dari dataset yang diperoleh. Salah satu tekniknya adalah analisis data kualitatif, yang berurusan dengan data dalam bentuk non-numerik. Ada banyak jenis teknik analisis data ini beserta informasinya.

Memahami Teknik Analisis Data Kualitatif

Teknik Analisis data Kualitatif

Sebelum memahami berbagai analisis data kualitatif, Anda dapat memahami terlebih dahulu pengertian analisis data dan analisis data kualitatif. Analisis data adalah suatu metode yang digunakan untuk mengolah kumpulan data atau kelompok data untuk memperoleh informasi. Artinya proses analisis dirancang untuk memperoleh informasi yang jelas.

Jenis Analisis Data Kualitatif

Kemudian menggunakan teknik kualitatif untuk analisis data dengan menggunakan teknik tertentu. Setiap peneliti dapat menggunakan satu teknik dan sebaliknya, menggabungkan dua atau lebih teknik analisis data kualitatif.

Metode kualitatif juga digunakan dalam penelitian ini untuk analisis data kualitatif. Dalam penelitian kuantitatif, peneliti memperoleh data berupa angka-angka. Oleh karena itu, untuk mengolah data menjadi informasi diperlukan keterampilan matematika. Ini tidak cocok untuk melakukan penelitian kualitatif.

Baca Juga:  Proses Analisis Data Yang Benar

Teknologi analisis data model Miles dan Huberman

Model analitik interaktif menurut miles dan huberman adalah penelitian kualitatif yang memungkinkan analisis data ketika peneliti berada di lapangan atau setelah kembali dari lapangan baru dalam analisis. Dalam penelitian ini analisis data dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data.

Dalam proses analisis data kualitatif model Miles dan Huberman dapat dilakukan dengan cara tiga tahapan. Yaitu: 

A. Reduksi data

Tahap pertama dalam menganalisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman adalah reduksi data. Tahap reduksi data adalah tahap dimana data direduksi atau disederhanakan sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan tentunya informasi mudah diperoleh.

B. Tampilan Data

Dalam berbagai analisis data kualitatif Miles dan Huberman, setelah tahap reduksi selesai, barulah memasuki tahap penyajian data atau penyajian data.

C. Peta kesimpulan

Menurut Miles dan Huberman, tahap selanjutnya dari teknik analisis data kualitatif adalah menarik kesimpulan. Dengan demikian, data yang telah disusun dan dikelompokkan kemudian disajikan dalam suatu teknik atau skema dimana dapat ditarik kesimpulan.

Teknologi analisis data model Spradley

Jika kita berbicara tentang berbagai jenis teknik analisis data kualitatif, selain yang dibicarakan oleh Miles dan Huberman. Ada pendapat lain, pendapat yang disampaikan oleh Spradley. Teknik analisis data kualitatif inilah yang kemudian dikenal dengan teknik atau model Spradley.

Spradley juga menjelaskan berbagai tahapan analisis data kualitatif. Jika Miles dan Huberman menjelaskan bahwa ada 3 (tiga) tahapan, maka Spradley menjelaskan bahwa ada 4 (empat) tahapan.

A. Analisis Domain

Tahap pertama adalah analisis domain, yaitu proses gambaran umum tentang objek penelitian atau masalah sosial yang diangkat sebagai topik penelitian.

B. Analisis klasifikasi

Menurut Spradley, tahap kedua dari teknik analisis data kualitatif adalah tahap analisis kategoris. Oleh karena itu, sambil mempelajari semua jenis analisis data kualitatif, Anda juga akan mempelajari analisis klasifikasi, lalu berlatih.

Baca Juga:  Pengertian Dan Contoh Analisis Bivariat

C. Analisis Komposisi

Tahap selanjutnya adalah analisis komposisi, yang dilakukan dengan membedah kembali unsur-unsur pembentuk domain. Oleh karena itu, setelah tahap analisis klasifikasi selesai, maka akan langsung masuk ke tahap analisis komponen.

D. Analisis tema budaya

Menurut Spradley, tahap terakhir dari teknik analisis data kualitatif adalah menganalisis tema-tema budaya. Pada tahap ini, semua domain data yang fitur spesifiknya diketahui dicari hubungannya dengan domain lain.

Kesimpulan

Metode analisis data kualitatif adalah metode yang digunakan untuk mengolah atau mengolah data non numerik, yang kemudian disebut dengan data kualitatif. Data kualitatif dapat diolah kembali melalui berbagai teknik yang menciptakan berbagai jenis analisis data kualitatif.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*