Manfaat Data Mining

Data Mining

Proses bisnis saat ini akan diperhadapkan dengan proses mengumpulkan data dengan sangat cepat dan besar. Sumber aliran data yang sangat besar ini bervariasi dapat berasal dari transaksi kartu kredit, data pelanggan yang tersedia, data dari bank dan atau lembaga keuangan, dan data yang berasal dari profil pengguna untuk mengkases aplikasi di laptop, ponsel, tablet, dan desktop mereka.

Tidak mudah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Jadi, banyak server database relasional terus dibangun untuk tujuan ini. Protokol transaksional online atau sistem OLTP juga sedang dikembangkan untuk menyimpannya di server database yang berbeda. Sistem OLTP memainkan peran penting dalam membantu bisnis berfungsi dengan lancar.

Sistem ini bertanggung jawab untuk menyimpan data dari transaksi terkecil ke dalam database. Jadi, data yang terkait dengan penjualan, pembelian, manajemen sumber daya manusia, dan transaksi lainnya disimpan di server database oleh sistem OLTP.

Para eksekutif membutuhkan akses untuk mendapatkan informasi/fakta berdasarkan data sebagai dasar keputusan mereka. Di sinilah peran dari pemrosesan analitik online atau sistem OLAP sehingga gudang data dan sistem OLAP semakin banyak dibangun untuk menjawab kebutuhan para eksekutif. Sistem OLTP dan OLAP saling berintegrasi dengan peran pada sistem OLTP menyimpan semua data dalam jumlah besar yang dihasilkan setiap harinya. Data ini kemudian dikirim ke sistem OLAP untuk menghasilkan analitik berbasis data.

Apa Peran Data Mining?

Perlu diketahui dan dipahami bahwa data adalah sebuah calon harta karun bagi sebuah perusahaan. Data dapat menjadi informasi baru bagi perusahaan atau data dapat menjadi sampah bagi perusahaan. Disinilah peran data mining yang sangat penting dalam pertumbuhan sebuah perusahaan. Hasil analisis data mining dapat membantu pengambil keputusan dalam membuat keputusan serta didukung oleh pengetahuan untuk membawa perusahaan bertumbuh.

Baca Juga:  Proses dan Teknik Data Mining

Apa itu Data Mining?

Data mining atau penambangan data adalah proses mengekstrak informasi dari kumpulan data tertentu untuk mengidentifikasi tren, pola, dan data yang berguna. Tujuan menggunakan data mining adalah untuk membuat keputusan berdasarkan kumpulan data yang sangat besar.

Teknik penambangan data berhubungan dengan analisis prediktif, cabang ilmu statistik yang menggunakan algoritme kompleks yang dirancang untuk bekerja dengan serangkaian masalah tertentu. Seperti analisis prediktif yang digunakan untuk mengidentifikasi pola dalam data yang besar, dan hasil dari penambangan data adalah sebuah estimasi atau perkiraan hasil prediksi. Untuk penjelasan lebih dalam terkait prediksi runtun waktu dapat dibaca pada link.

Penambangan data memiliki tujuan unik, yaitu untuk mengenali pola dalam suatu kumpulan data untuk sekumpulan masalah tertentu pada domain tertentu. Analisis dilakukan dengan menggunakan suatu algoritma untuk menghasilkan sebuah model matematis guna menyelesaikan masalah tertentu.

Teknik data mining juga dapat diterapkan menggunakan teknik pembelajaran mesin (machine learning), dimana alogritma machine learning sebagai sistem pemecahan masalah secara otomatis, dan Anda tidak perlu membuat pemrograman khusus untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi.

Apa Kegunaan Data Mining?

Data mining sangatlah berguna bagi pengguna baik pada level perusahaan atau individu. Penambangan data adalah proses mencari mencari pola dan atau tren yang tidak dapat ditemukan dengan menggunakan teknik analisis sederhana. Hal tersebut perlu menggunakan algoritma matematika yang kompleks untuk mempelajari data dan kemudian mengevaluasi kemungkinan kejadian di masa depan berdasarkan data historis.

Penambangan data pada bisnis digunakan untuk menarik informasi spesifik dari volume data yang besar untuk menemukan solusi bagi masalah bisnis perusahaan. Data mining memiliki kemampuan untuk mengubah data mentah menjadi informasi yang dapat membantu perusahan tumbuh dengan membuat keputusan yang berlandaskan pada data.

Baca Juga:  Atmel AVR ATMega128

Penambangan data data digunakan pada berbagai domain, termasuk penambangan data untuk citra gambar, penambangan data teks, penambangan data untuk media sosial, penambangan data pada suatu website, dan penambangan data untuk audio dan video.

Demikian ulasan tentang data mining yang harus Anda ketahui, semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*