Cara Sukses Investasi, Pahami 8 Hal Ini, Wow! Untung Besar

Investasi

Sukses investasi dan mendapatkan keuntangan – kolonginfo.com. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk sukses dalam investasi, mulai dari tujuan, strategi, pemahaman instrumen investasi, serta pengenalan instrumen terbaru seperti investasi kripto. Tentunya Anda perlu tahu hal tersebut agar sukses investasi.

Pedoman Sukses Investasi

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar sukses investasi, beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai berikut:

1. Melihat Tujuan Dan Kebutuhan

Luangkanlah waktu untuk memikirkan apa tujuan utama Anda berinvestasi. Pisahkan antara tujuan jangka pendek, menengah dan panjang. Misalnya membeli gadget atau hal lainnya bisa masuk ke dalam tujuan jangka pendek.

Sementara, merencanakan pernikahan atau pensiun masuk ke dalam tujuan jangka panjang. Perencanaan finansial untuk hal tersebut dibutuhkan dan harus berdasarkan tujuan keuangan.

2. Mempelajari Pasar

Resiko saat berinvestasi bisa diminimalisir saat Anda paham pasar. Beda halnya dengan tabungan sama investasi mempunyai dua kemungkinan yaitu memperoleh keuntungan atau mengalami kerugian. Resiko kegagalan memang akan selalu ada karena pasar tidak dapat diprediksi dan oleh karena itu, Anda harus mempelajari dunia pasar.

3. Memisahkan Antara Tabungan Dan Investasi

Penting juga untuk diketahui bahwa investasi dan tabungan menjadi dua hal berbeda. Uang yang ditabung tidak menghasilkan nominal yang semakin meningkat atau mungkin hanya dengan sedikit bunga. Namun, investasi dapat memberikan keuntungan tinggi khususnya pada jenis investasi jangka panjang. Karenanya, pisahkan kedua hal tersebut.

Tabungan
Sukses investasi (sumber: unsplash.com)

4. Menyesuaikan Gaji Dengan Jenis Investasi

Sekarang ini ada banyak sekali pilihan investasi dan masing-masing punya kelebihan serta kekurangan. Sesuaikan juga dengan kemampuan Anda saat ini. Misalnya, pemasukan gaji masih di bawah Rp4.000.000 maka akan lebih baik Anda mencari instrumen investasi yang memiliki risiko paling rendah.

Baca Juga:  Alasan Investasi Cryptocurrency Menjadi Pilihan Terbaik Yang Harus Dilakukan Sekarang

5. Menyebarkan Investasi

Selain memilih investasi pada jenis barang atau perusahaan, diversifikasinya juga sangat penting. Sebaiknya, tidak menaruh uang di satu tempat saja karena dapat berbahaya. Anda tidak akan tahu resiko yang terjadi di masa depan dan harus siap kehilangan. Dengan menyebarkan investasi, maka saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada sebuah perusahaan, maka Anda tidak kehilangan semuanya.

6. Mengamati Grafik Investasi

Laju investasi selanjutnya sebaiknya memang mengalami pergerakan positif dan signifikan. Di dalam dunia investasi, misalnya pada saham, dalam hitungan menit harganya bisa berubah. Apapun jenis investasi yang dipilih, tetaplah perhatikan bagaimana kondisi pasar sesering mungkin. Amati seperti apa perkembangannya dan ambil timing yang tepat untuk membeli atau menjual saham.

7. Menyiapkan Dana Darurat

Kalau Anda belum mempunyai dana darurat, akan lebih baik fokus dahulu di usaha anda untuk mempersiapkan biaya hidup sekitar 3-6 bulan kedepan. Ini disebut dengan dana darurat yang dipakai untuk berjaga-jaga saat Anda menghadapi kejadian atau kondisi yang tidak diinginkan. Contohnya, misalnya karena PHK atau Anda resign. Dengan dana darurat, anda punya waktu untuk mencari pekerjaan yang baru atau membuka usaha.

8. Cari Investasi Yang Tahan Inflasi

Ada sejumlah instrumen finansial yang bagus untuk dipilih misalnya saham, reksadana, obligasi, deposito, emas, atau valas. Tidak semuanya kebal terhadap inflasi. Cari jenis yang dianggap lebih kuat meskipun terjadi krisis ekonomi di suatu negara.

Jenis Investasi Menguntungkan

Pelajari juga jenis-jenis dari investasi. Terdapat beberapa jenis instrumen, seperti emas, saham, kripto, property, reksadana. Setiap jenis memiliki karakteristiknya masing-masing.

Bagi Anda yang berencana melakukan investasi finansial jangka panjang, ada beberapa pilihan yang direkomendasikan yaitu sebagai berikut :

Baca Juga:  Pengertian DeFi (Decentralized Finance), Investasi Kripto

1. Emas

Sudah menjadi rahasia umum bahwa emas merupakan salah satu investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan. Banyak yang mengatakan kalau harga emas lebih stabil dibandingkan mata uang. Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu membeli emas di toko emas, setelah itu menyimpan dengan baik di rumah. Selain itu, banyak juga tersedia produk tabungan emas.

2. Properti

Investasi properti baik tanah atau pembangunan juga sekarang ini banyak dilakukan. Instrumen ini memang terbukti keuntungannya untuk jangka panjang. Alasannya, karena harga tanah pasti akan setiap tahunnya. Bahkan, kenaikan harga properti bisa mencapai 20% pertahun.

Namun sayangnya, memang banyak generasi muda yang enggan berinvestasi di bidang properti, karena kendala finansial. Harga satu unit rumah saja, dapat menyentuh angka ratusan juta sampai milyaran. Meski harganya mahal, namun biasanya investasi properti tetap mendatangkan keuntungan jangka panjang.

3. Saham Blue Chip

Saham menjadi salah satu pilihan investasi jangka panjang yang cukup menguntungkan juga. Bahkan, dengan memiliki saham, artinya Anda mempunyai sebuah perusahaan walaupun nilainya hanya 0,000001 %. Bagi Anda yang belum paham, saham merupakan bukti kepemilikan atau penyertaan dalam sebuah perusahaan.

Saat mempunyai saham, Anda berhak atas pembagian laba atau dividen perusahaan setiap tahun. Saham blue chip merupakan jenis yang paling diunggulkan dengan angka kapitalisasi besar, paling tidak di atas 40 triliun. Namun, memang resiko finansial yang dimiliki juga sepadan dan Anda harus mempelajari lebih mendalam tentang dunia saham ini.

4. Reksadana Saham

Reksadana juga sekarang ini menjadi salah satu instrumen terpopuler di kalangan milenial dan dapat disesuaikan dengan tujuan keuangan. Ada empat macam reksadana, yaitu reksadana pasar uang, pendapatan tetap, serta saham dan campuran.

Baca Juga:  Lolos Verifikasi KYC Tokocrypto 2021, Ikuti Tips Berikut

5. Tabungan Berjangka

Jenis investasi jangka panjang berikutnya yaitu tabungan berjangka. Instrumen finansial ini memang tidak memiliki popularitas seperti tabungan biasa, namun keuntungannya cukup menarik. Sesuai namanya, pada jenis investasi ini akan mewajibkan Anda menabung secara rutin sesuai dengan waktu yang telah disepakati.

Berbeda halnya dengan tabungan biasa, pada tabungan berjangka mempunyai bunga lebih tinggi. Akan tetapi, kekurangannya Anda tidak bisa dengan bebas untuk mencairkan uang. Anda hanya dapat mencairkan dana sesuai dengan tempo yang sudah ditentukan pada awal perjanjian.

Dari kelima jenis investasi jangka panjang yang sudah kami bahas di atas, mungkin Anda tertarik untuk mencoba salah satunya. Mungkin dari yang paling mudah dahulu seperti emas? Atau jika memang sudah mengetahui prinsipnya, bisa terjun ke jenis saham atau reksadana. Semua itu terserah Anda, disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial masing-masing.

6. Investasi Kripto

Diluar 5 jenis investasi tersebut, saat ini muncul investasi yang sedang daun, yaitu investasi kripto. Investasi ini high risk high return.

Untuk mengetahui lebih jauh investasi kripto, seperti definisi, tips, keamanan dll, admin bahas dalam kategori tersendiri. Baca juga artikel terkait investasi kripto.

Demikian yang dapat admin bagikan untuk sobat kolonginfo. Semoga bermanfaat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*