Perbedaan Business Intelligence (BI) dengan Data Science (DS)

Trend saat ini istilah Data Science mengalami peningkatan, namun tahukah kamu perbedaan antara Business Intelligence (BI) atau dikenal juga sebagai kecerdasan bisnis dengan Data Science (DS) atau ilmu data. Kamu harus tahu perbedaan antara keduanya agar tidak bias antara tugas atau peran dari keduannya.

Business Intelligence (BI)

Business Intelligence (BI) disebut juga Kecerdasan Bisnis adalah istilah yang mengacu pada sistem, aplikasi dan teknologi yang digunakan untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber, diolah dan ditampilkan dalam bentuk informasi yang biasanya berupa rangkuman yang mudah dibaca, komprehensif dan akurat yang digunakan untuk mengukur dan menganalisa juga untuk memonitor operasional dalam instansi atau perusahaan dengan tujuan membantu para pengambil keputusan.

Data Science (DS)

Data science (DS) adalah ilmu yang menggabungkan statisika dan matematika dengan ilmu komputer dengan tujuan analisa data (data analysis) dari suatu himpunan data baik skala kecil (sampel) maupun besar (populasi) dengan mengaplikasikan algoritma tertentu untuk tujuan menggali data (data mining) dan mendapatkan pola data. Sebagai contoh pengaplikasiannya adalah dapat melakukan prediksi data dengan cukup akurat yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan dan dapat digunakan untuk membuat sistem yang cerdas/ Artificial Intelligence (AI). Trend saat ini Data Science semakin dikaitkan dengan istilah machine learning.

Perbedaan Business Intelligence (BI) dengan Data Science (DS)

Untuk kemudahan pemahaman kita lihat dari kriteria dari peran keduanya.

Seorang Business Intelligence Analyst memiliki pola pikir Apakah yang telah terjadi?

Seorang Data Scientist memiliki pola pikir Kenapa? Apa yang akan terjadi? Apa yang harus dilakukan?

Baca Juga:  Basic Networking Routing Protocol

Dari kedua pertanyaan diatas menggambarkan bagaimana perbedaan dari tugas masing-masing peran.

BI Analyst berfokus pada laporan, KPI atau trend yang terjadi pada perusahaan, sedangan Data Scientist berfokus pada pencarian pola, korelasi dan model dari data.

Perbedaan mendasar adalah pada BI berfokus pada analisis deskriptif dan summary laporan, sedangkan DS berfokus pada analisis prediktif dan prescriptif analisis. Hal tersebut sudah cukup jelas perbedaan mendasar dari keduanya. Untuk kamu yang ingin menjadi Data Scientist kamu harus mempelajari ilmu matematika, ilmu statistika, dan ilmu komputer yang kuat, karena kamu dituntut mampu mengeksplorasi data, menganalisisnya, dan membangun model daru data yang diolah. Justifikasi yang dilakukan selama pengeolahan data menggunakan ilmu statiska, dan untuk melakukannya kamu juga harus paham bahasa pemrograman dari tools yang digunakan.

Berikut merupakan rangkuman perbedaan antara business intelligence dengan data science. serta peran dan tugas dari kedua pekerjaan tersebut

Jika ada pertanyaan silahkan isi di kolom komentar, terima kasih, semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*