Pemrograman Dasar R Software

Pada artikel kali ini akan dibahas pemrograman dasar menggunakan perangkat lunak R (R Software). Terdapat perintah dasar yang harus dikuasai.

Pengenalan Perintah Dasar R Software

Pada pembahasan ini merupakan sintaks dasar pemrograman R yang wajib kamu ketahui. mulai dari instalasi package dan library, pengaturan direktori, membuat variabel, vector, fungsi perulangan, logika if, membaca dan menulis data, dan lain-lain.

Untuk lebih mudahnya dapat dilihat pada cheat sheet atau lembar contekan yang bisa kamu simpan dimana pun.

Perintah Dasar Bagian 1

Sesudah teman-teman menginstal R pada komputer teman-teman, saya sarankan teman-teman belajar pemahami sintaks perintah-perintah dasar pada R yang tercantum pada cheat sheet bagian 1 dibawah. Seperti perintah menginstal package, mengload library, variable, vector, logika if, menulis dan membaca data.

Perintah Dasar Bagian 2

Sedangkan bagian dasar kedua ini buat teman-teman yang ingin fokus belajar machine learning/ pembelajaran mesin, atau deep learning, saya sarankan teman-teman menguasai sintaks perintah matriks, factor, type data, data frame, plotting, dan fungsi matematika. semua sintaks pada bagian ke 2 sangat diperlukan ketika teman-teman ingin melalukan pengelolaan data yang lebih dalam, tidak hanya membaca/meload data .csv atau excel. namun pengelolaan perkolom pada tabel.

Jika teman-teman ingin mencetak atau ingin menyimpan cheat sheet diatas dapat mendownloadnya di link berikut:

Selain cheatsheet diatas admin juga sertakan cheatsheet lainnya yang sangat membantu dalam pemrograman dasar R, dapat di unduh disini

Jika ada yang ingin ditanyakan silakan tinggal komentar dibawah dan pantau terus artikel selanjutnya. Terima kasih semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Jenis Data Mining, Mengenal Lebih Dalam Mengenai Jenis Data

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*