Belajar Investasi Kripto, Kenali Potensi Kejahatan

Investasi Crypto / Investasi Kripto

Daftar Isi

Belajar Investasi Kripto – Untuk sukses dalam investasi kripto maka perlu mempelajari modus kejahatan atau informasi penting lainnya. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang merugikan. Berikut merupaka beberapa hal yang perlu Anda pahami dan kolonginfo berharap dapat membantu Anda dalam belajar investasi kripto.

Kenali Modus Kejahatan Crypto Exchange

Selama aset kita terdapat dalam internet, tidak ada yang memberi keamanan mutlak. Hal ini dapat dalam terjadi dalam kasus yang heboh dalam dunia kripto, yaitu Thodex yang merupakan crypto exchange terbesar di Turki membawa lari uang dari nasabahnya dengan total kerugian sebesar 2 Miliar Dollar. Hingga saat artikel ini ditulis CEO Thodex masih dalam buron.

Belajar Mengenal Modus Kejahatan Kripto Skema Ponzi

Ketika Anda ingin melakukan aktivitas investasi kripto namun diarahkan atau ditugaskan atau diwajibkan untuk mengajak anggota baru. Dimana anggota baru tidak dapat mengakses wallet-nya sendiri. Hal ini perlu diwaspadai karena bisa jadi Anda masuk dalam skema Ponzi.

Contoh kasus pada kripto yang berskema Ponzi ini adalah kasus EDCCash. Dimana anggota diwajibkan mencari anggota baru. Sehingga keuntungan akan didapatkan jika bertambahnya anggota baru. Ciri dari kasus ini adalah, koin yang ditawarkan tidak terdaftar dalam koin marketcap, fee yang besar, dan harga koinnya pun jauh berbeda dari harga pada exchange lainnya.

Kejahatan modus Kripto Koin Sampah

Modus dengan memberikan tawaran koin yang murah namun tidak memiliki fundamental uang kuat. Seperti koin OneCoin, yang dalam marketingnya akan sanggup menjadi pembunuh Bitcoin, namun nyatanya adalah merugikan nasabahnya, angka-angka palsu, lalu pemilik OneCoin membawa kabur dana nasabahnya. Anda harus waspada terhadap platform yang menawarkan keuntungan yang tidak masuk akal, atau menawarkan robot-robot investasi. Bisa saja aplikasi tersebut mengandung malmware.

Kejahatan Modus Perusahaan Crypto Miner dan Cryptojacking

Perusahaan yang mengklaim sebagai perusahaan yang menambang koin. Perusahan ini biasanya menawarkan teknologi cloud mining sebagai teknologi untuk menambang koin. Modus ini merupakan scam bagi investor pemula yang diiming-imingi akan mendapat keuntungan yang besar jika menggunakan jasa penambangan koin. Scam merupakan praktik penipuan yang merugikan nasabah.

Baca Juga:  Pakai Google Authenticator Lindungi Akun Kripto mu

Selain hal tersebut, terdapat teknis Cryptojacking. Dalam modus yang cryptojacking, Anda diarahkan untuk menggunakan aplikasi tertentu. Misalkan Anda diwajibkan menginstal aplikasi dimana aplikasi tersebut sudah terpasang malmware. Komputer Anda, akan melakukan penambangan, namun keuntungan dari penambangan akan dinikmati oleh pelaku, sedangkan Anda tidak mendapatkan keuntungan, namun Anda harus membiayai tagihan listrik. Semua dilakukan tanpa sepengetahuan nasabah.

Baca Juga – Artikel lainnya terkait Investasi Kripto 2021

Belajar Investasi Kripto

Terdapat hal-hal yang harus Anda waspadai ketika Anda ingin melakukan investasi crypto. Beberapa modus kejahatan seperti dengan penerapan skema ponzi, shitcoin/koin sampah, malmware, scam, cryptojacking. Anda harus mewaspadai hal-hal yang dapat menjadi modus kejahatan crypto tersebut demi menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan dan menjaga aset Anda tetap aman mengingat teknologi crypto merupakan teknologi volatile.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*