Juknis DAK Bidang LHK, DAK Fisik Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2021

Dana Alokasi Khusus DAK Fisik

Petunjuk Operasional DAK Fisik Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan/Bidang LHK Nomor P.28/MENLHK/SETJEN/SET.1/12/2020. Pada tahun anggaran 2021, Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan dialokasikan untuk Jenis DAK Fisik Penugasan saja.

Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Bidang LHK)

Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Penugasan Bidang LHK sub bidang lingkungan hidup dipergunakan untuk pembiayaan 2 (dua) menu kegiatan yaitu:
A. Penguatan Early Warning System untuk Bencana Lingkungan Hidup
melalui penyediaan Informasi Kualitas Air untuk masyarakat dalam rangka penurunan stunting, berupa:

1. Penyediaan alat atau sistem pemantauan kualitas air secara kontinu, otomatis dan daring/online di 15 (lima belas) DAS Prioritas dan Sungai Tercemar Berat.
2. Penyediaan peralatan laboratorium untuk uji kualitas air dan
merkuri.

B. Pengelolaan sampah, berupa:
1. Pembangunan Pusat Daur Ulang Sampah (kapasitas 10
(sepuluh) ton/hari).
2. Pembangunan bank sampah induk (kapasitas 3 (tiga) ton/hari);
3. Pembangunan biodigester (kapasitas 1 (satu) ton/hari).
4. Pembangunan rumah kompos (kapasitas 1 (satu) ton/hari).
5. Penyediaan alat angkut sampah dump truck, arm roll, motor sampah roda 3 (tiga), gerobak pilah, mesin press hidrolik, mesin pencacah organik dan kontainer sampah arm roll truck.

Subbidang DAK Fisik Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan /LHK 2021

Pada tahun anggaran 2021 untuk DAK FIsik Bidang LHK, terdapat tematik untuk tiap sub bidang. Tematik tersebut adalah Tematik Ketahanan Pangan dan Tematik Ekonomi Berkelanjutan. Tiap tematik akan mempunyai relasi dengan Bidang DAK Fisik lainnya.

Baca Juga:  Petunjuk Operasional (JUKOP) DAK Fisik Bidang Pendidikan Tahun 2021
Subbidang (tematik)Menu Kegiatan
Kehutanan  (Ketahanan Pangan)Pengembangan sarana dan prasarana usaha ekonomi produktif Kelompok Tani Hutan (KTH) Madya dan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Gold dan/atau Silver
Kehutanan  (Ketahanan Pangan)Rehabilitasi hutan dan lahan
Lingkungan Hidup (Ekonomi Berkelanjutan)Pengelolaan Sampah serta Sarana dan Prasarana Pendukung – Tematik Ekonomi Berkelanjutan
Lingkungan Hidup (Penurunan Stunting)Early warning system pengendalian bencana lingkungan hidup
Lingkungan Hidup (Penurunan Stunting)Pengelolaan Sampah serta Sarana dan Prasarana Pendukung – Tematik Kematian Ibu dan Stunting

Petunjuk Opersional DAK Fisik Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan/LHK 2021

Untuk melaksanakan ketentuan Pasal 59 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2005 tentang Dana Perimbangan, perlu menetapkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang Penggunaan Dana Alokasi Khusus Fisik Penugasan Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun Anggaran 2021;

Petunjuk Opersional DAK Fisik Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan / Bidang LHK dapat di unduh dengan mengklik Nomor P.28/MENLHK/SETJEN/SET.1/12/2020.

Petunjuk Teknis DAK Fisik Tahun 2021 Bidang Lainnya

Untuk melihat Jenis, Bidang, atau Subbidang DAK Fisik Tahun Anggaran 2021 selain Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan dapat diakses pada tautan berikut:

Link Tautan Bidang DAK Fisik Lainnya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*